Bangkit dari Kubur, Kawasaki KLR 650 Hadir dengan Fitur Baru

 225 views

Sepeda-.info – Setelah sempat disuntik mati pada tahun 2018 kemarin, ternyata menghidupkan kembali salah satu motor adventure mereka, KLR 650. Didukung fitur-fitur anyar, sepeda motor ini disiapkan untuk bersaing di segmen motor petualang dengan merk-merk mapan seperti BMW, KTM, , atau Triumph.

Kawasaki KLR 650 – bikereview.com.au

KLR 650 sebenarnya memiliki rekam jejak yang sangat panjang karena sudah eksis sejak tahun 1987 silam. Namun, pada tahun 2018 kemarin, perusahaan asal Jepang memutuskan untuk menghentikan produksi kuda besi ini walaupun masih memasuki generasi kedua. Akhirnya, tidak heran jika kemudian banyak konsumen yang melupakan nama KLR 650.

Nah, pada awal 2021 ini, Kawasaki dikabarkan siap membangkitkan kembali KLR 650 dari kubur, dengan desain yang sedikit mengingatkan kita pada Versys 250, tetapi lebih kekar. Sementara, spakbor depan off-road berbeda dengan Versys 650 yang memang lebih ditujukan untuk touring. Panel instrumen LCD digital digunakan untuk menggantikan analog di lama. Tersedia pula soket USB untuk pengisian gawai dan grip dengan pemanas sebagai fitur tambahan.

Sebagai kendaraan yang dapat digunakan di dua alam, kaki-kaki KLR 650 sudah dibekali suspensi depan teleskopik diameter 41 mm dan suspensi belakang monoshock dengan preload yang bisa diatur. Pelek roda depan berukuran 21 inci dan roda belakang 17 inci untuk memastikan motor bisa melalui medan berat. Sementara, sasis dirancang untuk mendapatkan geometri yang lebih ideal.

Untuk urusan dapur pacu, Kawasaki memang masih membekali KLR 650 dengan mesin yang sama seperti model sebelumnya, berkapasitas 652cc. Meski demikian, jika generasi lawas memakai karburator, maka pabrikan membekali varian dengan injeksi DFI, menguatkan torsi di putaran tengah dan menyempurnakan jalur pembuangan dan cam chain.

Menurut kabar di berbagai media online, Kawasaki KLR 650 nantinya akan tersedia dalam dua varian standard, yakni ABS dan tanpa ABS. Masing-masing dijual dengan Rp94,4 jutaan dan Rp98 jutaan. Selain itu, perusahaan juga direncanakan merilis seri Traveler dan Adventure yang ditawarkan dengan lebih mahal, Rp104 jutaan, karena mengusung aksesori box.

Baca juga:   Persaingan Makin Ketat, Yamaha Juga Bakal Kembangkan Motor Trail dengan Mesin Baru
   
Penulis: