Usung Gaya Sport Naked, Benelli BN 125 Diklaim Cocok Buat Motor Pemula

Jakarta – Usai menghadirkan TNT 125 bagi kalangan pemula, lagi-lagi meluncurkan deretan kendaraan yang mengisi segmen entry level, yakni BN 125. satu ini mengusung gaya naked sportbike.

Benelli BN 125 – commons.wikimedia.org

“Sepintas BN 125 banyak disalahartikan oleh masyarakat yang menyebut motor ini sebagai saudaranya yang lebih besar, yakni TNT 302. Terutama jika dilihat dari jauh,” demikian seperti dilansir dari Rideapart melalui Antara.

Benelli BN 125 tampil dengan gaya dan yang serupa, terdiri dari bingkai tubular merah dengan bodywork hitam dan abu-abu gelap. Untuk kesan yang lebih berani, bagian fairing berwarna neon di atas bingkai teralis hitam. Meskipun tampilannya terlihat gahar, Benelli BN 125 dibuat lebih jinak, sehingga pengendara pemula bisa dengan mudah mengendarainya. Hal itu juga yang membuat Benelli menyebut motor BN 125 sangat ramah untuk pemula.

Motor Benelli BN 125 menggunakan jantung pacu berupa mesin 4 langkah 1 silinder berpendingin udara dengan injeksi bahan bakar elektronik. Mesin yang sudah memenuhi standar emisi Euro 5 ini diklaim mampu menyemburkan 11 tenaga kuda pada 9.500 rpm dan torsi maksimum 7,6 ft-lbs pada 7.000 rpm. Tenaga tersebut disalurkan oleh gearbox manual 5 ke roda belakang.

Pihak Benelli mengklaim efisiensi bahan bakar Benelli BN 125 sekitar 136 mil (sekitar 219 km) per galon untuk komuter kecil. tersebut tentunya akan sangat menarik bagi kaum milenial. Pasalnya, selain tampilannya penuh gaya dan mudah dikendarai, motor Benelli BN 125 cukup hemat bahan bakar.

Selain mesin, Benelli BN 125 mempunyai sejumlah komponen penunjang yang mendukung. Misalnya roda ukuran 17 inci dengan ban konfigurasi 100/80 dipasang pada garpu terbalik, tanpa penyesuaian, di bagian depan. Ban 130/70 dipasang pada pelek 17 inci di bagian belakang, digantung oleh monoshock yang bisa disesuaikan dengan beban awal.

Sedangkan di sektor pengereman menggunakan rotor di sekelilingnya, satu di depan, dan satu lagi di belakang, dengan diameter masing-masing 260 mm dan 240 mm. Sayangnya, motor Benelli BN 125 belum ditunjang dengan sistem pengereman anti-lock braking system (ABS) seperti motor-motor kekinian. Namun, Benelli BN 125 sudah dilengkapi pengereman kombinasi yang mirip seperti skuter tertentu untuk menggantikan fitur ABS.

Baca juga:   TVS Indonesia Gencarkan Ekspor ke Asia Tenggara, Timur Tengah dan Afrika
   
Penulis: