Hyperbike Suzuki Hayabusa 2021 Akhirnya Meluncur, Desain Makin Aerodinamis

Jakarta – Setelah lama dinantikan, Suzuki akhirnya kembali merilis sepeda motor legendaris mereka, Hayabusa. Hyperbike All New Hayabusa 2021 ini mengaspal pada Jumat (5/2) lalu dan siap untuk dipasarkan di seluruh dunia mulai akhir bulan Februari 2021 ini.

Suzuki Hayabusa 2021 – indonesianmotorshow.com

Generasi teranyar Suzuki Hayabusa ini kabarnya mengalami perubahan yang signifikan di berbagai sektor. Meski demikian, Suzuki Motor Corporation menegaskan bahwa mereka tetap memertahankan gaya Hayabusa yang ikonik. tersebut terlihat dari siluet yang mengalir, miring ke depan, dan agresif melalui aksen garis-garis yang tajam.

Baca juga:   Yamaha R25 dan R3 Versi Facelift Dirilis, Harganya Dibanderol Lebih Mahal

Sebagai informasi, Suzuki Hayabusa meluncur pertama kali pada tahun 1997, kemudian generasi kedua dirilis pada 2007 dan modelnya terus dipertahankan sampai 2020. “Hayabusa 2021 dibangun dengan ‘Ultimate Sport’ yang diwarisi Hayabusa generasi pertama. Namun motor pesaing Panigale V2 dan BMW R 1250 itu kini terlihat lebih bergaya dengan pengembangan di sektor desain dan aerodinamika,” demikian bunyi pernyataan Suzuki dalam siaran persnya, seperti dilansir Antara.

Suzuki Hayabusa versi 2021 hadir dengan two-tone yang berbeda untuk bodi utama dan bagian kecil di sekitar intake udara depan, di penutup samping, dan di bagian belakang. Sinyal belok dengan lampu posisi built-in yang ditempatkan di tepi luar intake udara digunakan oleh sepeda motor Suzuki untuk pertama kalinya.

Baca juga:   Husqvarna WR 300, Enduro Mid-Level Untuk Penggemar Off-road

All New Suzuki Hayabusa kini mengusung mesin 4 silinder segaris berkapasitas 1.340 cc yang dilengkapi dengan throttle elektronik ride-by-wire dan mekanisme intake dan exhaust. Spesifikasi mesin itu diubah untuk meningkatkan output dan torsi dalam kisaran kecepatan rendah sampai menengah. Hal tersebut dilakukan guna memenuhi Euro5 sekaligus memertahankan kinerja terbaik motor dalam kisaran kecepatan tinggi dengan mengejar kinerja aerodinamis tingkat atas.

Baca juga:   Selamat Tinggal, Kawasaki Estrella Edisi Terakhir Siap Rilis Juni 2017

Di samping itu, produsen motor asal Jepang ini juga membekali Hayabusa dengan Suzuki Intelligent Ride System (S.I.R.S.) yang baru dan mempunyai fitur SDMS-α, untuk membantu pengendara memilih pola yang sudah diatur sebelumnya pada 5 sistem elektronik yang berbeda. Termasuk Power Mode Selector, Traction Control, Engine Brake Control, dan 2 lain. Sayangnya, pihak Suzuki masih belum mengumumkan berapa banderol Hayabusa 2021. Tetapi, sejumlah media menyebutkan motor itu mungkin akan dijual seharga Rp400 jutaan sebelum pajak.

   
Penulis: