Yamaha XSR 125 Akhirnya Mengaspal, Harganya Cukup Fantastis

 202 views

Sepeda-.info – Dibandingkan pasar , Yamaha yang meluncur di Eropa bisa dibilang lebih beragam. Nah, pada pertengahan Mei 2021 kemarin, perusahaan yang berbasis di Jepang tersebut merilis Yamaha XSR 125, sebuah naked bike modern dengan sentuhan retro. Untuk meminang kuda besi ini, perlu merogoh kocek sebesar 4.450 pound sterling atau setara Rp90 jutaan.

Yamaha XSR 125 – www.autocarindia.com

Sudah dapat dilihat dari namanya, Yamaha XSR 125 bisa dikatakan sebagai adik Yamaha XSR 155 yang beredar di Indonesia. Motor ini membawa berkapasitas lebih kecil daripada kakaknya. Meski demikian, secara garis besar, tampilan sepeda motor tersebut tidak jauh berbeda dengan yang beredar di Asia Tenggara, hanya saja mengusung yang lebih berani.

kuda besi ini punya guratan sama persis dengan Yamaha XSR 155. tersebut juga membawa komposisi ala motor retro, termasuk lampu berbentuk bulat, lampu sein terpisah, hingga stop lamp bulat minimalis. Model dan pahatan tangki bahan bakar pun sama persis, dibuat kekar serta proporsional hingga ke belakang, sehingga terlihat kurus.

Meski demikian, dari sisi warna, sang adik ternyata lebih berani dibandingkan kakaknya. Yamaha membalut XSR 125 dengan warna merah menyala, kuning, atau hitam yang ekspresif sekaligus sporty. Masing-masing warna tidak lupa dihiasi dengan grafis sederhana, double stripe kontras, di bagian tangki untuk menguatkan kesan vintage.

Sementara, untuk urusan jantung pacu, Yamaha XSR 125 menggendong mesin SOHC, kapasitas 124cc, silinder tunggal, tanpa VVA. Dengan modal tersebut, sepeda motor ini dapat memuntahkan tenaga maksimal 14,7 HP pada putaran 10.000 rpm dan meraih torsi puncak 11,5 Nm pada putaran 8.000 rpm. Bandingkan dengan varian Yamaha XSR 155 yang sanggup mengeluarkan daya 19 HP pada putaran 10.000 rpm dan meraup torsi 14,7 Nm pada putaran 8.500 rpm.

Meski tenaganya lebih kecil, Yamaha XSR 125 dibekali elektronik bawaan sang kakak.. Di tengah stang, sebuah layar digital menyajikan informasi seputar kendaraan, seperti putaran mesin, kecepatan, posisi gear, jarak tempuh, dan fuel gauge. Sektor pencahayaan XSR 125 juga sudah membawa teknologi LED, baik di depan maupun belakang. Bahkan, tertera DRL setengah lingkaran cantik di headlight.

Baca juga:   Tingkatkan Fitur Safety, HONDA Patenkan Teknologi ‘Blind Spot’ untuk Motor
   
Penulis: