7 Motor Klasik Keren dan Terkenal

 5201 views

Meski banyak baru dengan kualitas sempurna dan mesin kokoh diluncurkan, namun pesona klasik masih tetap menarik pencinta , terutama kolektor. Selain desain yang unik, kualitas mesin yang dimiliki klasik juga terbukti tangguh hingga melintasi zaman.

Selain itu, motor klasik juga menjadi sarana yang tepat bagi pencinta motor untuk merombak tunggangannya. Dari sekian banyak motor klasik yang masih beredar dan jadi koleksi, berikut beberapa yang memiliki keunikan tersendiri.

Vincent Black Shadow

Salah satu motor klasik paling keren dan terkenal di dunia adalah Vincent Black Shadow. Motor yang diproduksi pada tahun 1948 silam ini merupakan salah satu dari sebuah perusahaan otomotif bernama Vincent, yang hanya dapat bertahan mulai dari tahun 1928 hingga 1955 dalam bidang otomotif.

Meski relatif singkat, namun Vincent telah berhasil meluncurkan Black Shadow yang memiliki kecepatan mencapai 150 mil/jam, sebuah kecepatan yang tergolong luar biasa di masanya. Karena kecepatannya, itu, Vincent Black Shadow merupakan salah satu motor paling mengerikan di jalanan dan membuat tiap orang kepincut untuk memacu adrenalinnya dengan mengendarai motor ini.

Vincent Black Shadow

 

BMW GS

Pada era 1980-an, BMW GS merupakan salah satu produk BMW yang mampu menembus angka penjualan paling tinggi, yaitu mencapai 100.000 unit. Selain untuk jarak pendek, motor ini juga cocok digunakan untuk perjalanan jarak jauh. Bahkan, BMW GS tak jarang digunakan untuk mengikuti reli paling tersohor di dunia, reli Paris-Dakar. Keren, kan?

BMW GS

 

55

Di negeri asalnya, yaitu , motor ini disebut Cucciolo atau si anak anjing yang  mungil. Sementara di , motor ini lebih populer dengan sebutan Sepeda Kumbang atau broomfiets (istilah Belanda untuk ). Motor klasik dengan desain vintage nan keren ini hanya berkapasitas mesin 50cc.

Ducati 55

 

Jawa

Meski namanya sama dengan salah satu pulau di Indonesia, motor ini ternyata buatan luar negeri, Ceko tepatnya. Nama Jawa merupakan kreasi dari sang pendiri pabrik, Frantisek Janecek, yang membeli pabrik Wanderer pada tahun 1929. Gabungan Janecek dan Wanderer inilah yang memunculkan nama Jawa. Motor berkapasitas mesin 350cc ini cukup laris pada sekitar tahun 1954.

Triumph Thunder

Motor buatan pabrikan asal Coventry, Inggris, Triumph Engineering Co. Ltd. Motor ini pertama kali masuk pasar Indonesia pada tahun 1951, usai perusahaan ini merger dengan pesaingnya, BSA.

Triumph Thunder dibekali mesin yang cukup besar, yaitu 500cc. Meski begitu, suara yang dikeluarkan motor ini relatif lembut untuk ukuran motor besar.

Ariel

Ini bukan nama penyanyi Noah, melainkan motor yang ngetop sekitar tahun 1944. Saat itu, jika lelaki mengendarai motor ini, bukan saja para gadis yang dibuat klepek-klepek, namun juga mampu membuat calon mertua melirik.

Motor ini diproduksi Ariel Motorcycles yang bermarkas di Birmingham, Inggris, yang kemudian merger dengan BSA pada tahun 1944. Di Indonesia, seri Huntmaster 650cc merupakan yang terkenal dan menjadi buruan para kolektor.

Honda CB750

Mungkin inilah salah satu motor klasik yang sangat populer di Indonesia. Motor yang pertama kali diluncurkan pada tahun 1969 itu merupakan pendobrak dominasi pabrikan asal Amerika dan Inggris di sektor kendaraan roda dua.

CB750 mengusung mesin empat silinder yang dapat digunakan untuk balap motor. Selain itu, pengendara juga bisa menyalakan mesin dengan begitu mudah dengan cara menekan tombol electric starter yang telah dipasang di bagian setir.

   
Penulis: