AHM masih Enggan Masuki Pasar Eropa & Amerika

 1349 views

Sepeda-. – Imbauan Asosiasi Industri Indonesia (AISI) pada -merek sepeda motor di Indonesia untuk melakukan ekspansi ke luar wilayah Asia (Eropa & Amerika) nyatanya tak ditanggapi dengan penuh napsu oleh Astra Motor (AHM).

astra honda motor – autotekno.sindonews.com

 

Meski rivalnya, , telah lebih dulu merangsek masuk ke Eropa, AHM justru belum memiliki rencana untuk menggaruk pasar di wilayah tersebut.

“Terkait ekspor di luar Asia atau ASEAN, perlu pengembangan dan , yang memang sesuai dengan karakteristik konsumen di negara tersebut. Lebih dari itu, tentu kami juga perlu izin, dari prinsipal Honda Motor, karena di masing-masing negara, sudah memiliki dan perwakilan dari prinsipal,” ungkap General Manager Penjualan AHM ujar Thomas Wijaya, Selasa (21/6).

Thomas menjelaskan, AHM kini masih dalam tahapan mempelajari dan mengembangkan pasar di negara Asia khususnya ASEAN. Untuk ekspornya, AHM mendistribusikan motornya dalam bentuk completely knocked down (CKD) dan completely built up (CBU) ke beberapa wilayah ASEAN dan Timor Leste.

Berdasar data ekspor kendaraan roda dua AISI, AHM mencatatkan prestasi yang cukup mengejutkan. Tak tanggung-tanggung, peningkatan ekspor AHM meningkat hingga 7 kali lipat pada periode Januari-Mei 2016 dibanding periode yang sama di tahun 2015.

Pada 5 bulan pertama 2015, AHM hanya mengekspor sekitar 3.201 unit sepeda motor. Sedangkan pada periode sama 2016, jumlahnya meledak hingga 27.849 unit.

   
Penulis: