Berapa Top Speed yang Diraih Suzuki Hayabusa?

 1318 views

Dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, pabrikan motor memang berlomba-lomba untuk memproduksi kuda besi terbaik guna memuaskan dahaga konsumen. Selain motor-motor konvensional untuk transportasi sehari-hari, beberapa pabrikan juga meluncurkan motor spesial yang mampu menembus kecepatan di luar batas, salah satunya Hayabusa buatan .

Suzuki Hayabusa – www.motorcycle-usa.com

 

Suzuki Hayabusa merupakan motor gede (moge) asal Jepang yang telah diproduksi sejak tahun 1999 silam. Di Indonesia, motor dengan sebutan resmi GSX1300R Hayabusa tersebut menyapa penggemar Tanah Air pada tahun 2014 lalu. Ketika itu, motor ini diluncurkan berbarengan dengan tujuh varian motor lainnya.

Motor ini merupakan motor hyper sport yang disebut sebagai motor produksi massal tercepat di dunia. Ketika pertama kali diperkenalkan, Hayabusa mampu mengalahkan rekor lama milik Honda CBR1100XX sebagai motor produksi massal tercepat di dunia dengan kecepatan mencapai 319 km/jam. Generasi pertama ini dibekali 4 silinder segaris berkapasitas 1.299cc, pendingin cairan. Dengan modal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 156,1 HP pada putaran 9.500 rpm.

Seiring dengan persaingan ketat di segmen ini, generasi kedua Hayabusa dirilis pada tahun 2008 dengan peningkatan tampilan dan performa. Motor ini menggunakan sepasang throttle body 44 mm baru Suzuki Dual Throttle Valve (SDTV), serta Suzuki-Dual Mode System (S-DMS) yang menyediakan tiga pilihan gaya pengendara, yaitu untuk tujuan perjalanan jauh, santai, atau penggunaan kecepatan tinggi. Selain itu, motor ini juga mengusung buang gas knalpot yang sudah sesuai Euro3.

Pada tahun 2014 lalu, versi terbaru Hayabusa 1300R hadir dengan bodi yang bongsor berukuran 2.195 x 735 x 1.165 mm, dengan jarak poros roda 1.480 mm dan jarak ke tanah 120 mm. Motor ini memiliki bobot 266 kg, dengan tangki bahan bakar berkapasitas 21 liter.

Motor ini menyematkan silver metallic pada LCD panel-nya sehingga membangkitkan kesan mobil American GT muscle. LCD panel tersebut memuat indikator posisi gear, S-DMS, odometer, dual-trip meter, hingga jam. Sementara, bodi bagian belakang terlihat mengerucut mirip jet-engine serta dibekali sub-frame yang terbuat dari pipa baja.

Untuk sektor dapur pacu, Hayabusa 1300R 2014 menggendong mesin berkapasitas 1.340cc, 4-stroke, 4 silinder, liquid-cooled, DOHC. Untuk menyalurkan tenaga, motor ini dipersenjatai sistem transmisi manual 6 percepatan. Meski begitu, pihak Suzuki mengambil kebijakan dengan menambahkan sistem ECU yang berfungsi pada gear 6, yang berimbas pada penurunan kecepatan maksimal dari 319 km/jam menjadi 299 km/jam.

Kini, Suzuki menghadirkan Hayabusa dengan beberapa pilihan warna, seperti biru, putih, merah, dan hitam. Di pasar global, satu unit motor gede keren dan super-cepat tersebut ditawarkan dengan mulai USD 13.500 atau sekitar Rp182 jutaan.

   
Penulis: