Trik Modifikasi Vespa Racing untuk Balapan

 12365 views

Selain digunakan sebagai alat transportasi sehari-hari, ternyata juga bisa digunakan sebagai kendaraan balapan. Bahkan di Indonesia, telah berdiri komunitas penggemar asal tersebut yang ditujukan untuk balapan atau racing.

www.duniascooter.com

 

Vespa Indonesia atau biasa VBI, demikian nama komunitas tersebut, pertama kali mengadakan Vespa di Bandung. Dan hingga saat ini, VBI telah memiliki anggota lebih dari 200 starter yang terdiri dari berbagai kalangan, mulai pengusaha, PNS, pekerja bengkel Vespa, hingga mereka yang bergerak di bidang industri kreatif.

Namun sebelum diterjunkan untuk balapan, Vespa harus dimodifikasi terlebih dahulu agar sesuai dengan keperluan balapan. Vespa yang dimodifikasi untuk balapan ini kemudian lebih populer dengan sebutan Vespa Racing.

Pada dasarnya, setiap Vespa bisa dimodifikasi menjadi Vespa Racing. Namun kebanyakan, varian skuter Piaggio yang mengalami modifikasi menjadi Vespa Racing adalah Vespa PX, Vespa Excel, Vespa Super, dan Vespa PS.

Nah, bagi Anda yang ingin memodifikasi skuter Anda menjadi Vespa Racing, berikut beberapa trik yang perlu diperhatikan.

  • Pada bagian bodi, pada umumnya step (pijakan kaki) dipindahkan ke belakang, seperti motor underbond. Sementara, stang dibuat agak ditekuk ke belakang, lalu buka lampu depan Vespa. Jika ingin lebih keren, ganti stang dengan stang milik Vespa Excel.
  • Ganti ukuran menjadi 24:24. Tujuannya, agar napas Vespa menjadi lebih panjang. Jika perlu, ganti Vespa dengan milik Kawasaki Ninja atau RX King. Namun jika tidak memungkinkan, ukuran karburator 20:20 juga sudah cukup.
  • Untuk knalpot, gunakan knalpot DRC atau Sito. Pasalnya, knalpot sangat berpengaruh terhadap laju Vespa.
  • Untuk pork, gunakan pork milik Vespa Super. Jika memungkinkan, gunakan pork milik Vespa PS karena lebih stabil dalam melintasi trek lurus dan tikungan.
  • Ganti juga kopling dengan kopling racing, dengan kampas 4.
  • Untuk bagian blok, gunakan blok racing PINASCO atau MALOSSI yang memiliki enam lubang bilas, plus seher dan head silinder. Dengan kata lain, berubah dari 150cc menjadi 200cc.
  • Jika perlu, potong miring bodi bagian belakang dan tepong agar Vespa tampak “nungging”. Sementara untuk warna bodi, bisa dikreasikan sesuka hati.
   
Penulis: