Sepeda Motor Klasik Asal Inggris BSA Bakal Diproduksi Lagi!

 2126 views

India – Dunia otomotif saat ini sedang dikejutkan kabar tentang kembalinya ‘kendaraan perang’ asal , Birmingham Small Arms (BSA). Salah satu produsen sepeda asal India, Mahindra berencana untuk menghidupkan lagi BSA.

Belum lama ini Mahindra mengakuisisi sekitar 60 persen saham BSA lewat anak perusahaannya, Classic Legend Private Limited. Kelak Mahindra akan bekerjasama dengan pusat pengembangan teknik Mahindra di untuk mengembangkan sepeda motor bersejarah tersebut. Kemudian BSA akan kembali diproduksi di fasilitas perakitan Mahindra di Pithampur, Madhya Pradesh dan dijadwalkan rilis pada Auto Expo 2018.

From : https://blackcat200.com

Walaupun dibuat di India, merek dagang BSA diprediksi tak akan dijual di India karena adanya sengketa hukum. Kemungkinan motor BSA hanya akan dijual di wilayah Amerika Serikat dan negara-negara Eropa.

Selain itu, perusahaan asal negeri Hindustan ini juga sudah mengantongi izin untuk memproduksi motor klasik dari Ceko bernama Jawa. Motor tersebut bakal secara resmi dipasarkan di India sekitar 2 tahun mendatang. Executive Director Mahindra, Pawan Goenka menuturkan, “Rencana kami adalah untuk lebih fokus pada segmen niche premium dan menjadi yang pertama di segmen ini.”

Sebagai informasi, Mahindra merupakan salah satu pabrikan otomotif terbesar di India yang telah menelurkan sejumlah sepeda motor berkapasitas kecil dan ikut tampil di ajang Moto3. Di , merek motor BSA sampai saat ini masih banyak dipakai sebagai transportasi dan barang koleksi. Tetapi karena keterbatasan spare part dan teknisi, motor klasik ini sebagian besar berpusat di Kota Pematangsiantar, Sumatera Utara.

   
Penulis: