Keuntungan dan Biaya Modifikasi Motor Roda Tiga untuk Jualan

 4127 views

Di tengah kebutuhan masyarakat akan kendaraan bisnis yang mudah dioperasikan, beberapa pabrikan pun merilis sepeda roda tiga khusus untuk kebutuhan niaga. Di Indonesia, beberapa pabrikan yang bermain di segmen ini di antaranya Viar, APPKTM, Kaisar, Dayang, Tossa, hingga Bajaj.

Motor Roda Tiga – www.agugus.com

 

 

Viar misalnya, setidaknya telah merilis 4 motor roda tiga, yang dibedakan dari segi mesinnya, yaitu New Karya Bit 100, New Karya 150, New Karya 200, dan New Karya 300. Harga motor roda tiga produksi Viar saat ini berada di rentang Rp19,8 jutaan untuk varian terkecil hingga Rp31,6 jutaan untuk terbesar.

Sementara, APPKTM atau Asia Putra Perkasa-Kingtown Tian Ma, hingga detik ini telah meluncurkan 3 model motor roda tiga, yaitu Gajah 150, Gajah 200, dan Gajah 500D. Khusus untuk model Gajah 500D, ini adalah motor roda tiga pertama di Indonesia yang disokong diesel dengan kapasitas hingga 500cc (tepatnya 460cc).

Adapun Bajaj, pabrikan asal India ini telah meluncurkan model terbaru kendaraan roda tiga dengan label RE Compact. Motor ini hadir dalam tujuh varian yang dibagi menjadi empat pilihan mesin, yaitu , LPG, CNG, dan diesel.

Selain untuk mengirimkan barang, box belakang di motor roda tiga juga dapat digunakan sebagai media untuk berjualan. Pemilik memang dapat memanfaatkan box tersebut seperti bentuk awal untuk berjualan, seperti berjualan sayuran. Namun, jika ingin lebih menarik konsumen, tidak ada salahnya untuk melakukan modifikasi pada motor roda tiga yang akan digunakan untuk berjualan.

Ada beberapa bentuk atau modifikasi yang bisa dilakukan pada motor roda tiga untuk berjualan. Bentuk yang paling umum ditemui di jalanan adalah model gerobak. Di samping itu, model perpustakaan, kafe motor, hingga warung motor juga dapat dijadikan inspirasi untuk memodifikasi motor roda tiga yang ditujukan untuk berjualan.

Untuk memodifikasi motor roda tiga demi kepentingan berjualan, pemilik hanya memerlukan tak sampai Rp10 jutaan. Selain memodifikasi sendiri, ada juga beberapa bengkel yang melayani modifikasi ini. Dengan memodifikasi motor roda tiga, pemilik tak perlu lagi menyewa tempat dan lebih mobile dalam mencari pelanggan.

   
Penulis: