Trik Modifikasi Vespa Drag

 4036 views

Penampilan yang khas memang menjadi magnet tersendiri bagi para pencinta asal tersebut. Namun tak cuma tampilan, scooterist (julukan penggemar Vespa) yang hobi beradu juga kerap menjadikan buatan Piaggio ini sebagai tunggangan balapnya. Karena itu, ini kemudian kerap disebut Vespa drag.

modifroadrace.com

 

Drag race, seperti banyak diketahui, merupakan balapan yang hanya mempertandingkan adu kecepatan antara dua peserta (dua ) pada sebuah lintasan lurus berjarak pendek (biasanya jalan raya). Untuk keperluan itu, maka Vespa perlu mendapatkan ala drag bike, terutama dari sisi .

Nah, jika Anda ingin memodifikasi Vespa menjadi kendaraan drag, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Karburator. Jika ingin Vespa Anda mampu berlari kencang, maka komponen pengabut bahan bakar ini wajib diubah. Banyak pegiat Vespa drag mengganti karburator orisinal Vespa dengan karburator milik RX-King atau Ninja 2-tak produksi Kawasaki, sehingga mampu menghasilkan daya hingga 28 hp. Alternatif lain, menggunakan Keihin PWK Polini ukuran 24 mm hingga 32 mm, yang bisa digunakan untuk Vespa PX atau Small Frame. Namun, harus dilakukan penggantian intake manifold.

Intake manifold. Seperti diuraikan sebelumnya, jika Anda ingin menggunakan karburator gambot, maka perlu dilakukan penggantian intake manifold agar karburator bisa tertanam dengan aman. Anda bisa menggunakan intake manifold beserta rumah reed valve Polini yang terbuat dari bahan aluminium, lengkap dengan membran atau lidah katup bilahnya. Intake manifold ini tersedia untuk Vespa PTS, Vespa Special, dan Vespa Primavera.

Swing arm. Biasanya, para pegiat Vespa drag menggunakan swing arm berbahan besi, yang juga cocok digunakan untuk transportasi sehari-hari. Kelebihan swing arm ini adalah menggunakan bearing sehingga stabil ketika digunakan untuk menikung.

Bodi. Untuk menunjang performa mesin, bagian bodi Vespa yang gambot juga tak luput dari modifikasi. Karena digunakan untuk kepentingan drag, maka bodi Vespa biasanya dibuat lebih ramping dan sederhana. Tepong di kedua sisi bodi dicopot, kemudian memasang sebuah palang besi sebagai strute bar untuk memperkuat rangka.

   
Penulis: