Bagian-Bagian Utama Mesin Sepeda Motor

 15651 views

Sebagai pengendara , setiap pemilik sudah semestinya mengetahui seluk beluk permesinan dan bagian-bagian utama mesin . Hal ini bertujuan agar jika sewaktu-waktu terjadi kemacetan atau masalah mesin di tengah pengendaraan, kita bisa menangani permasalahan mesin yang tengah terjadi pada yang kita kendarai.

Pada dasarnya mesin terbagi menjadi 3 bagian, yaitu:

  1. Kepala silinder (cylinder head)
  2. Blok silinder mesin (cylinder block)
  3. Bak engkol mesin (crankcase)

Kepala silinder bertumpu pada bagian atas blok silinder. Titik tumpunya disekat dengan gasket (packing). Gasket memiliki fungsi untuk menjaga agar tidak terjadi kebocoran kompresi, disamping itu agar permukaan kepala silinder dan permukaan bagian atas blok silinder tidak rusak. Agar tidak karat juga tahan pada suhu tinggi serta ringan, kepala silinder biasanya dibuat dari bahan Aluminium campuran. Biasanya bagian luar konstruksi kepala silinder bersirip, fungsi sirip adalah untuk membantu melepaskan panas pada mesin berpendingin udara..

Silinder liner dan blok silinder merupakan dua bagian yang melekat satu sama lain. Daya sebuah motor biasanya dinyatakan oleh besarnya isi silinder suatu motor. Silinder liner terpasang erat pada blok, dan bahannya tidak sama. Silinder liner dibuat dari bahan yang tahan terhadap gesekan dan panas, sedangkan blok dibuat dari besi tuang yang tahan panas. Pada mulanya, ada yang merancang menjadi satu, sekarang sudah jarang ada. Sekarang dibuat terpisah berarti silinder liner dapat diganti bila keausannya sudah berlebihan. Bahannya dibuat dari besi tuang kelabu. Untuk motor-motor yang ringan seperti pada sepeda motor bahan ini dicampur dengan aluminium. Bahan blok dipilih agar memenuhi syarat-syarat pemakaian yaitu: Tahan terhadap suhu yang tinggi, dapat menghantarkan panas dengan baik, dan tahan terhadap gesekan.

Crankcase (bak engkol) biasanya terbuat dari aluminium die casting dengan sedikit campuran logam. Bak engkol fungsinya sebagai rumah dari yang ada di bagian dalamnya, yaitu:

  • Generator atau alternator yang berfungsi sebagai pembangkit daya sepeda motor-motor
  • Pompa oli
  • Kopling
  • Poros engkol dan bantalan peluru
  • Gigi persneling dan gigi transmisi
  • Penampung oli pelumas

Letak bak engkol ada di bawah silinder dan biasanya merupakan bagian yang ditautkan pada rangka sepeda motor.

Sepeda motor adalah transportasi favorit bagi sebagaian besar masyarakat di Indonesia. Sisi kepraktisan dan kegesitan yang ditawarkan oleh sepeda motor membuat kendaraan roda dua ini semakin menjadi pilihan bagi para pengendara di Indonesia, terutama di kota besar.

-jenis sepeda motor semakin berkembang dari tahun ke tahun. Beberapa sepeda motor adalah sepeda motor bebek (cub), sepeda motor road bike / standard, sepeda motor sport, sepeda motor , sepeda motor cruiser, dan serta matic yang dipelopori oleh brand ternama dari Italia dengan komunitas pengguna yang cukup besar, yakni dari pabrikan Piaggio.

   
Penulis: