Brat Style, Tren Modifikasi Motor Asal Jepang yang Mendunia

 2491 views

Sama seperti fashion, motor juga terus mengalami perkembangan. Berbagai style diterapkan para biker untuk mengubah bentuk, , bahkan agar motor tampil lebih keren dan sesuai dengan keinginan pemiliknya.

brat style motorcycle – www.flyingpiston.com

 

Ada gaya Chopper yang lahir pada era 1960-an dengan ciri khas “bondol” pada bagian buritan motor serta rangka rigid. Lalu, ada Bobber yang memiliki kekhasan pada bagian dua roda bagian depan dan belakang yang memiliki ukuran sama besar. Kemudian, jangan lupakan juga Jap Style, yang terinspirasi dari motor asal Jepang di tahun 1970-an.

Masih dari Jepang, kini penyuka modifikasi Tanah Air sedang gandrung modifikasi model Brat Style. Brat Style sendiri merupakan salah satu genre Custom-Classic yang lahir pada era 1990-an. Namun berbeda dengan modifikasi lainnya, Brat Style justru lahir dari sebuah bengkel di Tokyo, Jepang yang menjual beragam spare part atau onderdil khusus motor yang digawangi pria bernama Go Takamine.

Sekitar tahun 1998, Takamine memiliki sebuah bengkel di Kita, Tokyo dan menggunakan kata “Brat Style” sebagai identitas motor hasil kreasinya. Berbekal bengkel pribadinya, pria ini kemudian mengerjakan berbagai modifikasi motor yang saat itu lebih banyak berbasis motor modern-classic seperti XS-1 dan SR400 maupun CB Dream. Untuk membedakan hasil kreasinya dengan bengkel lain, Takamine pun menggunakan nama Brat Style.

Garapan modifikasi Takamine ini memiliki ciri simpel dan minimalis. Gaya ini diyakini cocok untuk pengendara (biker) yang menginginkan daily riding di atas motor custom. Selain itu, Brat Style juga memiliki penampilan fisik motor yang menganut rangka hard-tail alias rigid. Gaya Brat Style ini umumnya hanya mengubah bagian mid-frame agar lebih ke bawah ala Chopper namun dengan jok model panjang.

Sementara untuk model stang, biasanya menggunakan model baby ape hanger atau stang ala motocross yang lebar dan tidak terlalu tinggi. Satu lagi, Brat Style juga menganut filosofi affordable custom, yaitu modifikasi dengan biaya terjangkau. Inilah yang menjadi alasan kenapa hasil custom motor ini terlihat simpel dan tidak menggunakan banyak pernak-pernik atau logam berharga mahal.

Kini, Brat Style tak hanya dimiliki Tokyo atau Jepang semata, tetapi juga di seluruh dunia. Takamine sendiri sudah membuka cabang bengkel di California, Amerika Serikat dan berencana merambah Eropa. Builder dunia juga sudah mulai banyak yang menggarap motornya dengan model ini, seperti pada Ducati Monster, Triumph Bonnevile, BMW R9T, hingga Tiger 800XCX.

   
Penulis: