Tips Bila Terpaksa Mudik Naik Sepeda Motor

 1958 views

Jakarta – Meskipun pemerintah sudah menghimbau agar menghindari kendaraan roda dua untuk , sepeda masih menjadi pilihan favorit kendaraan untuk pulang kampung.

Banyak faktor yang membuat pemudik menyukai ”touring” santai menggunakan .

“Saat ini pemerintah tidak menciptakan infrastruktur yang baik dan cukup untuk pesepeda motor”, ungkap Professional Trainer Safety Riding Joel D Mastana pada workshop bertema Understanding Safety Gear yang diikuti komunitas Unity Team-U Mild, Sabtu (20/6/2015), di Jakarta seperti dikutip dari Kompas.

Jumlah kendaraan umum sangat minim ketika . Ditambah banyaknya sepeda motor yang saat ini dimiliki masyarakat tak memenuhi standar unruk perjananan jarak jauh.

Jika tidak ada pilihan selain sepeda motor, pemudik harusnya menyiapkan hal-hal berikut ini:

  1. Service motor terlebih dahulu. Contohnya: ban aus harus diganti, memeriksarem dan lampu.
  2. Mempersiapkan kesehatan dan mental. Jangan terlalu banyak membawa barang bawaan. Usahakan barang bawaan dikirim lewat paket sebelum mudik.
  3. Mengatur waktu. Tingkat stamina saat malam biasanya menurun.
  4. Gunakan perlengakapan keselamatan. Kelengkapan diperlukan, demi mencegah kecelakaan di jalan. Pilihlah perlengkapan yang tak mengeluarkan panas berlebih karena dapat menyebabkan dehidrasi dan emosi. Bila perlu gunakan perlengkapan pengaman siku dan dengkul.


”Namun, paling aman adalah tidak usah mengendarai sepeda motor saat mudik. Karena saat itu banyak terjadi kecelakaan yang diistilahkan sebagai ’pembunuhan massal’ terjadi,” ungkap Joel.

Sementara itu, Dinas Perhubungan Jawa Barat (Jabar) bekerjasama dengan Korlantas Mabes Polri akan mempersiapkan sejumlah bus kecil bagi pemudik yang mengendarai sepeda motor. Fasilitas itu akan disiapkan dan sdisiagakan di Kecamatan Ciasem, Kota Tasikmalaya mulai H-7.

   
Penulis: