Tantang BMW, Ducati Juga Siap Rilis Motor Dual-Purpose Multistrada 1260 Enduro

Jakarta terkenal asal , BMW Motorrad baru saja meluncurkan dual-purpose terbaru, BMW R1250GS. Motor bermesin 1250 cc tersebut mengedepankan Shiftcam. Bagaimanapun juga, sang kompetitor, pun tidak ingin berpangku tangan dan telah menyiapkan motor pesaing R1250GS.

Ducati Multistrada 1260 – sportku.com

“Pabrikan asal Italia ini juga berencana untuk menambah dari motor adventure andalannya, yaitu Ducati Multistrada 1260 Enduro,” demikian seperti dilansir Bennets. Motor yang juga berada di segmen sama tersebut dikabarkan bakal diperkenalkan pertama kali dalam ajang bergengsi EICMA Milan 2018 pada bulan November depan.

Ducati Multistrada 1260 Enduro kabarnya juga bakal mengusung yang sama seperti seri Ducati Multistrada 1250 yang lain. Menurut beberapa sumber, Ducati Multistrada 1260 Enduro akan menggunakan konfigurasi L-twin 2 silinder 1262 cc yang diklaim dapat memuntahkan tenaga mencapai 158 hp pada torsi maksimum 129,5 Nm.

Menariknya, Ducati tidak ingin mengandalkan mesin seperti yang sudah ada, tetapi ingin mengembangkan mesin itu agar dapat menghasilkan torsi yang 18% lebih besar dari versi standarnya. Pasalnya pihak Ducati menilai jika torsi yang dihasilkan dari mesin yang sudah ada ternyata terlalu kecil untuk digunakan berkendara di jalanan off-road.

Kemudian motor gede (moge) Ducati Multistrada 1260 Enduro generasi 2019 kelak digadang-gadang bakal mengusung sasis yang lain dari varian terdahulu. Jarak antara sumbu roda diprediksi lebih panjang 55 mm dengan sudut kemiringan suspensi depan yang juga bertambah.

Bukan hanya pembaruan dari segi dapur pacu saja, bagian kaki-kaki dari Ducati Multistrada 1260 Enduro pun akan dirancang berbeda dari varian Ducati Multistrada 1260 lainnya. Motor dual-purpose tersebut akan memakai suspensi yang lebih lunak dan velg model jari-jari (spoke wheel). Lalu untuk knalpot sengaja didesain lebih tinggi agar lebih andal ketika digunakan berkendara melewati genangan air.

Hingga kini Ducati Multistrada 1260 telah hadir dalam 4 varian, yakni Standar, S, Pikes Peak, dan D-Air. Keempat Ducati Multistrada 1260 tersebut mengedepankan mesin yang sama dengan serupa, yakni VVT, ABS, Ducati Wheelie Control, hingga Vehicle Hold Control.

   
Penulis: