Head-to-Head Honda Spacy vs Suzuki Address

 1391 views

Kehadiran Address pada tahun 2014 lalu disebut-sebut bertujuan mengganggu eksistensi Spacy yang meluncur dua tahun lebih awal. Pasalnya, kedua skuter matik ini mengusung karakter yang mirip satu sama lain, mulai tampilan elegan, global, yang komplet, hingga bagasi helm-in.

Suzuki Address – ardiantoyugo.com

 

Suzuki Address sendiri pertama kali mengaspal di Indonesia pada November 2014 lewat ajang Internasional Motor Show (IMOS). skuter terbaru ini terlihat lebih matang dibanding generasi pendahulunya, seperti Suzuki Spin 125 maupun Suzuki Nex.

Dari sisi tampilan, Suzuki Address memang memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan motor matik Suzuki lainnya, yaitu panjang x lebar 1.845 x 665 mm, dengan jarak sumbu roda 1.260 mm dan berat kosong mencapai 95 kg. Namun, skutik ini masih terlihat ramping yang tampak pada lekukan bodi yang begitu simpel dan tegas.

Honda Spacy – lexyleksono.com

 

Baca juga:   Suzuki Shooter FI, Andalan Suzuki di Segmen Underbone Entry-Level

Pada sektor bodi depan, Suzuki Address memiliki tampilan layaknya Suzuki Axelo dan Suzuki Shooter, yaitu lampu utama berukuran mungil yang berada pada bagian setang. Sementara di sisi belakang, skuter ini dilengkapi dua lampu sein yang terlihat seperti mata yang menghadap ke belakang. Adapun jok didesain khusus dengan posisi pengemudi lebih rendah untuk menjaga kestabilan motor.

Beralih ke sektor dapur pacu, Suzuki membekali skuter matik ini dengan mesin tipe 4-stroke, silinder tunggal, SOHC, pendingin udara, berkapasitas 113cc. Dengan rasio kompresi 9,4 : 1 dan bahan bakar fuel , Suzuki Address diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal di kisaran 8 PS hingga 9 PS serta torsi puncak mencapai 8 Nm.

Sementara, Honda Spacy bisa dikatakan sebagai terobosan terbaru yang dilakukan pabrikan berlogo sayap mengepak pada segmen skuter matik. Pasalnya, skuter tersebut mengusung bagasi yang sangat lega untuk ukuran motor otomatis ramping. Dengan desain stylish modern dan elegan, bagasi Spacy memiliki hingga 18 liter sehingga mampu memuat 1 helm full-face.

Di bagian jantung pacu, Honda Spacy menggendong mesin tipe 4-stroke, SOHC, pendingin udara dengan kipas, fuel injection, berkapasitas 108cc. Dengan modal tersebut, skuter ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 8,67 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menyentuh 0,91 kg-m pada putaran 6.500 rpm.

Lalu, bagaimana perbandingan antara kedua motor otomatis ini? Berikut uraian singkatnya.

  • Secara tampilan, kedua skuter ini sama-sama mengusung desain yang elegan untuk segmentasi skuter entry-level. Baik Address maupun Spacy sangat cocok bagi mereka yang menginginkan skuter menarik dengan fungsionalitas tinggi.
  • Fitur helm-in menjadi salah satu fitur yang ditonjolkan kedua skuter. Namun, sepertinya bagasi Honda Spacy harus mengaku kalah dengan kepunyaan Suzuki Address. Pasalnya, jika bagasi Honda Spacy hanya berkapasitas 18 liter, maka bagasi milik Suzuki Address punya kapasitas 1 liter lebih lega.
  • Di bagian jantung pacu, Honda Spacy juga lagi-lagi harus tertinggal dibandingkan Suzuki Address. Jika Spacy hanya bermodal mesin berkapasitas 108cc, maka Address sudah mengusung mesin yang lebih besar, yaitu 113cc. Anehnya, tenaga maksimal yang diletupkan kedua motor ini nyaris sama, yaitu di kisaran 8 PS hingga 9 PS.
  • Untuk urusan harga, Honda Spacy ditawarkan dengan harga yang lebih murah dibandingkan Suzuki Address. Untuk meminang skuter ini, konsumen hanya perlu merogoh kocek Rp14.050.000. Sementara, Suzuki melepas Address dengan harga mulai Rp14.570.000 untuk model Standard, Rp14.895.000 untuk model Elegant LG, dan Rp15.670.000 untuk varian Elegant.
   
Penulis: 

Komentar ditutup.