Kelemahan Honda Spacy yang Membuatnya Kurang Laku di Pasaran

 2102 views

Para penggemar skuter matik di Indonesia memang semakin dimanjakan dengan banyaknya pilihan motor dengan berbagai serta mesin. Dan, salah satu yang cukup diincar konsumen Indonesia, terutama kaum urban, adalah Spacy Helm-In yang sudah mengusung sistem pembakaran injeksi ala , yaitu PGM-FI.

Honda Spacy – otomotiva.blogspot.com

 

Spacy Helm-In PGM-FI bisa dikatakan sebagai salah satu terobosan yang dilakukan pabrikan berlogo sayap mengepak pada segmen skuter matik. Pasalnya, skuter yang dirilis pertama kali di Tanah Air pada tahun 2012 lalu tersebut mengusung bagasi yang sangat lega untuk ukuran motor otomatis ramping. Dengan stylish modern dan elegan, bagasi Spacy memiliki kapasitas hingga 18 liter sehingga mampu memuat 1 helm full-face.

Tak cuma bagasi saja yang berukuran luas, tangki bahan bakar juga tergolong besar di kelasnya. Tangki bahan bakar Spacy Helm-In mampu menampung 5 liter bahan bakar sehingga membuat pengendara tak perlu sering-sering mengisi bensin ketika melakukan perjalanan jarak jauh. Di samping itu, tempat duduk juga dibuat lebih lega dengan menggunakan material berkualitas tinggi.

Honda juga membekali motor otomatis ini dengan fitur terbaru, yaitu Automatic Headlight On, yang otomatis menyalakan lampu ketika mesin dihidupkan. Fitur lain yang tertanam pada Honda Spacy ini di antaranya tuas pengunci rem, side stand switch (standar otomatis), dan pengaman kunci otomatis bermagnet.

Sementara, di jantung pacu, Honda Spacy menggendong mesin tipe 4-stroke, SOHC, pendingin udara dengan kipas, fuel injection, berkapasitas 108cc. Dengan modal tersebut, skuter ini diklaim mampu menyemburkan tenaga maksimal 8,67 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menyentuh 0,91 kg-m pada putaran 6.500 rpm.

Saat ini, Honda Spacy Helm-In PGM-FI tersedia dalam 3 pilihan warna, yaitu merah, hitam, dan putih. Satu unit skuter matik tersebut ditawarkan dengan mulai Rp14.050.000.

Sayangnya, dibandingkan dengan produk skuter otomatis Honda lainnya, semisal Vario, penjualan Spacy tergolong kurang laku di pasaran. Ada beberapa kelemahan yang menyebabkan Honda Spacy kurang disukai konsumen Indonesia.

  • Ground clearance atau jarak ke tanah yang sangat rendah sehingga kerap menyangkut ketika melintasi polisi tidur.
  • Area lampu depan yang menyala terus-menerus membuat motor ini kurang nyaman.
  • Jok atau tempat duduk Spacy juga dirasa cukup keras.
  • Bodi yang besar membuat pergerakan dan manuver Spacy kerap menimbulkan getaran.
  • Desain keseluruhan motor ini kurang disukai konsumen yang lebih menggemari lekukan desain tajam dan .
   
Penulis: