Varian Motor Norton yang Populer di Dunia

 7347 views

Norton mungkin belum begitu familiar bagi publik Tanah Air. Namun buat mereka yang menggeluti motor gede (), tentu sudah tak asing lagi dengan nama pabrikan asal Inggris ini.

Norton pertama kali didirikan pada tahun 1898 oleh James Lansdowne Norton yang saat itu bermarkas di Birmingham. Pada tahun 1902, Norton mulai membangun motor menggunakan Perancis dan Swiss. Lima tahun kemudian, Norton lewat pengendaranya, Rembrandt Flower, memenangkan kelas silinder kembar pada ajang Isle of Man TT edisi perdana.

Pada tahun 1908, ada delapan motor yang dijual, enam menggunakan mesin Norton sedangkan dua lainnya menggunakan mesin merek lain. Mesin pada motor ini mengawali satu silinder, yang kemudian dilanjutkan dengan beberapa perubahan hingga akhir 1950-an.

Hingga saat ini ada banyak motor yang telah diproduksi oleh Norton. Berikut beberapa varian motor produksi Norton yang populer di pasaran.

Norton Commando 750

Ini mungkin merupakan varian tersukses motor Norton. Diproduksi sekitar tahun 1969 hingga 1972, motor ini memiliki performa yang luar biasa. Karena itu, tak heran jika motor ini sempat dianugerahi “Machine of The Year” oleh Motor Cycle News secara lima tahun beruntun, yaitu sejak 1968 hingga 1972.

Motor ini merupakan pembaruan dari seri Norton Model 7 berkapasitas 497cc yang diproduksi tahun 1940-an. Lalu, motor ini terus berkembang menjadi 600cc dengan nama Dominator, kemudian 750cc bernama Atlas, dan akhirnya menjadi Commando 750 di tahun 1967.

Norton Commando 750 dibekali mesin berkapasitas 745cc, yang mampu memuntahkan tenaga hingga 77 hp. Untuk mengimbangi kemampuan mesinnya, pabrikan memasangkan suspensi garpu telescopic di bagian depan dan dual shock yang bisa diatur dalam lima mode pada bagian belakang. Sayangnya, karena beberapa alasan, motor ini berhenti diproduksi pada tahun 1972.

Norton Commando 750

 

Norton Commando 961

Norton Commando 961 dirilis pertama kali pada tahun 2009 silam. Motor ini memiliki tiga varian, yaitu Norton Commando 961 yang merupakan varian terendah, kemudian Cafe Racer yang merupakan varian paling populer, dan Norton Commando 961 SE sebagai varian tertinggi dari seri ini.

Secara keseluruhan, Norton Commando 961 masih mengandalkan gaya vintage sekaligus memiliki sense of art yang tinggi, yaitu campuran antara style old dan modern. Produksi Norton Commando sendiri dilakukan di Donington Park, Inggris.

Untuk spesifikasinya, Norton Commando 961 dibekali mesin berkapasitas 961cc, parallel twin, 4-stroke, air-cooled. Motor ini mampu memuntahkan tenaga hinga 80 hp pada putaran mesin 6.500 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 90 Nm pada putaran mesin 5.200 rpm. Di Indonesia, Commando 961 Sport dijual dengan harga Rp675 jutaan, sedangkan Commando Cafe Racer dibanderol Rp700 jutaan.

Norton Commando 961

 

Norton Dominator SS

Motor ini pertama kali dirilis pada bulan Februari 2015. Diluncurkan dalam dua varian, limited edition SS dan model , Norton Dominator SS merupakan model terbaru untuk memenuhi permintaan konsumen sejak varian Domiracer terjual habis.

Norton Dominator SS ditenagai mesin berkapasitas 961cc, parallel twin, berpendingin udara yang terinspirasi Norton Commando 961. Meski begitu, Norton membangun ulang rangka Dominator SS dengan style “featherbed” yang dikombinasikan dengan swingarm trellis style.

Perubahan lainnya terletak pada bentuk tangki yang 1,5 mm lebih tipis, flyscreen kecil berbahan serat karbon, mudguard baru yang juga dari karbon, pelindung mesin dari aluminium, dan knalpot ganda baru. Untuk Norton Dominator limited-edition SS dibanderol dengan harga Rp468 jutaan, sedangkan model standar dihargai Rp381 jutaan.

Norton Dominator SS

 

   
Penulis: