BMW K1, Usung Paradigma Baru Sport Bike

 355 views

Saat ini, pencinta otomotif memang semakin dimanjakan dengan kehadiran -motor sport terbaru, yang tidak hanya memiliki performa dahsyat, tetapi juga mengusung fitur dan paling canggih. Tetapi, jika ditarik ke belakang, sebenarnya banyak sport bike klasik yang juga memiliki tercanggih di zamannya, salah satu K1 buatan .

BMW K1 – moto.zombdrive.com

 

BMW K1 merupakan yang dirancang asal sebagai sport-tourer berkecepatan tinggi. Motor ini dihadirkan untuk mengubah persepsi media dan pencinta otomotif tentang BMW yang ternyata tidak hanya memproduksi motor touring dengan mesin flat-twin. Pasalnya, BMW K1 membawa mesin 4 silinder sejajar sekaligus menjadi yang pertama milik BMW dan membawa paradigma baru dalam rancang bangun mesin, , dan pemilihan warna.

Perusahaan Jerman diketahui pertama kali memproduksi model K1 pada tahun 1988 silam. Motor ini dibangun berdasarkan basis dari model K100 yang diperkenalkan sebelumnya. Namun, berbeda dengan model K100, BMW K1 dirancang untuk meraih kenyamanan dalam kecepatan tinggi hingga 240 km per jam. Motor ini membawa desain aerodinamis radikal berupa tujuh potong glass fiber, yang dikawinkan dengan sasis kaku, yang termasuk sisi swing arm Paralever tunggal, yang dirancang untuk menghentikan drive shaft dan menyelam di bawah percepatan berat dan pengereman.

Awalnya, K100 masih mengusung desain cruiser dan BMW ingin memasarkan sebuah yang berorientasi touring untuk memperluas pangsa pasar dan bersaing dengan -merek asal Jepang. Namun, kala itu BMW terbatas dengan aturan sepeda motor komersial di Jerman yang memiliki daya maksimal 100 BHP (75 kW), sehingga mereka memutuskan bahwa untuk mengatasi masalah itu diperlukan desain aerodinamis yang baru.

Pada tahun 1988 dalam sebuah acara di Cologne, K1 diperkenalkan yang hadir dengan fairing utama tujuh-piece, yang termasuk dua pannier kecil (kelopak dibuat oleh Zanussi ZCP). Koefisien hambatan yang dihasilkan adalah 0,34 dengan pengendara rawan, yang terendah dari setiap sepeda motor yang diproduksi pada tahun 1988. Motor ini juga tampil dengan skema warna cerah, merah atau biru, dengan grafis kuning.

Di bagian jantung pacu, BMW K1 menggendong mesin tipe 4-stroke, 4 silinder sejajar, DOHC, 4 valve per silinder, liquid-cooled, berkapasitas 987cc. Dengan bekal tersebut, motor ini mampu memuntahkan tenaga maksimal 72,9 kW atau 100 HP pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak menembus 100 Nm pada putaran 6.750 rpm. Berikut spesifikasi teknis BMW K1.

Tipe Mesin 4-stroke, 4 silinder sejajar, DOHC, 4 valve per silinder, liquid-cooled
Kapasitas Mesin 987cc
Diameter x Langkah 67 x 70 mm
Bahan Bakar Injeksi
Daya Maksimum 72,9 kW @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 100 Nm @ 6.750 rpm
Transmisi 5-speed
Starter Electric
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Swing arm
Rem Depan Dual disc 305 mm, 4-piston
Rem Belakang Single disc 285 mm, single-piston
Ban Depan 120/70ZR-17
Ban Belakang 160/60ZR-18
Berat 235 kg
Kapasitas Bahan Bakar 22 L
   
Penulis: