BMW Motorrad Diam-Diam Uji Coba Motor Touring Baru, Tampilan Mirip 9Cento

Jakarta – Pabrikan ternama asal Jerman, Motorrad rupanya belum lama ini kedapatan sedang menguji () mereka yang datang dari segmen sport-. Dari sejumlah foto spyshots yang beredar di dunia maya, tampilan itu tampak begitu mirip dengan BMW 9Cento yang beberapa waktu lalu pernah diperkenalkan dalam Concorso d’Eleganza Villa d’Este.

BMW F850GT – todocircuito.com

Akan tetapi, sepeda motor ini kemungkinan akan menjadi kendaraan yang lebih diperuntukkan jalanan aspal seperti S 1000 XR daripada off-road centric layaknya F 850 GS. Pasalnya bentuk fairing motor yang sedang diuji coba itu tampak sederhana, tetapi terlihat futuristik dan cenderung meruncing. Kemudian ada penambahan sejumlah aksesoris khas motor touring, antara lain crash bar, hand guard, windshield, top box, dan side pannier.

Sayangnya masih belum ada bocoran mengenai detail dari motor terbaru. Tetapi sejumlah pihak memperkirakan jika motor anyar BMW Motorrad ini bakal mengusung tenaga lebih dari 94 bhp yang ditawarkan oleh F 850 GS. “Ini tidak selalu harus tentang ‘lebih berani, lebih besar, lebih cerah’ saat ini. Konsep motor ini berfokus pada pencapaian rasa keseimbangan,” ujar Edgar Heinrich, Kepala Desain BMW Motorrad, seperti dilansir Carandbike.

“Kami telah menciptakan sepeda motor yang menggabungkan kekuatan yang sesuai dengan kebutuhan touring yang andal dan di atas semua kesenangan berkendara, jadi ini adalah paket keseluruhan yang menarik. Ini menyatukan yang terbaik dari segmen sport, adventure dan touring untuk menghasilkan konsep yang menarik. – di kelas yang belum pernah melihat seperti ini dari BMW sebelumnya. BMW Motorrad Concept 9cento adalah interpretasi kami dari serba modern untuk segmen mid-range baru,” sambung Heinrich.

Kemudian BMW F850GT kemungkinan bakal didukung instrumen panel TFT seperti F850GS. Sistem elektronik pun juga kemungkinan sama seperti moto-adventure tersebut, termasuk cruise control, quickshifter, traction-control, dan 2 riding mode (rain dan road).

Dari bocoran foto yang beredar, F850GT terlihat memakai suspensi depan upside down, dan di bagian belakang memakai monoshock swing arm. Bedanya, moge baru ini memakai velg palang. Jika mesinnya sama seperti F850GS, maka bisa jadi motor sport touring itu mengusung dapur pacu 2 silinder inline 853 water-cooled bertenaga 95 hp dengan torsi maksimum 92 Nm.

   
Penulis: