BSA E2 500cc, Motor Sport Langka Dibanderol Ratusan Juta Rupiah

 4022 views

asal Jepang, , dan Amerika Serikat yang terus menjulang membuat gaung brand dari Inggris seolah tenggelam. Padahal, di masa lalu, negeri kerajaan tersebut memiliki banyak keren yang memiliki popularitas mendunia.

BSA E2 500cc – olx.co.id

 

Beberapa merek sepeda Inggris yang cukup dikenal pada masanya adalah Triumph, Norton, Ariel, hingga Royal Enfield dan BSA. Bahkan, beberapa merek tersebut sebenarnya masih eksis hingga detik ini, meski sudah tidak terlalu menggempur pasar otomotif seperti di era tahun 1950-an hingga 1970-an.

Dari sekian brand tua asal Inggris, salah satu yang cukup disegani adalah BSA. BSA atau Birmingham Small Arms merupakan merek sepeda motor asal Inggris yang memiliki pabrik pusat di Kota Birmingham. BSA mulai melakukan produksi sepeda motor pertama mereka pada tahun 1906 yang kemudian dirilis empat tahun kemudian.

Nama BSA menjulang ketika ikut andil dalam mempersenjatai militer Inggris. Saat itu, motor M20 produksi BSA digunakan militer Inggris untuk kepentingan Perang Dunia II. Tercatat, ada 126 ribu unit motor M20 yang diproduksi BSA untuk melayani kepentingan militer Inggris. Hingga kini, sepeda motor antik tersebut juga masih banyak yang berkeliaran di penjuru dunia.

Setelah Perang Dunia II, BSA mulai memproduksi D 1 Banten/Bantam pada bulan Juni 1948. Motor ini merupakan satu-satunya tiruan atau jiplakan dari DKW 125cc Union, suatu hal yang tak pernah dilakukan oleh BSA sepanjang berdirinya. ini diperoleh dari DKW Jerman Timur sebagai rampasan perang.

Dalam perjalanannya, BSA memang tercatat banyak menelurkan sepeda motor keren, yang kebanyakan bertipe . Salah satu motor keren yang pernah dirilis BSA adalah model BSA E2 yang diluncurkan pada era tahun 1950-an. Motor ini membawa desain scrambler yang khas dengan bentuk tangki bahan bakar pipih dan terletak sejajar dengan jok, stang berketinggian rendah, serta lampu depan bulat dan lampu belakang dengan ukuran yang mini.

Motor berkapasitas 500cc ini juga dibekali dengan knalpot model bambu dengan diameter yang kecil serta rem tromol di roda depan dan belakang. Karena banyak diburu kolektor barang antik, produk bekas motor ini masih ditawarkan dengan harga yang sangat tinggi, yaitu di kisaran Rp185 jutaan.

   
Penulis: