Cara Pasang Charger HP di Sepeda Motor

 2438 views

Saat ini, handphone atau HP merupakan kebutuhan pokok bagi sebagian besar masyarakat. Karena itu, tak heran jika banyak dari masyarakat kebingungan ketika HP mereka mati saat melakukan perjalanan menggunakan , terutama ketika .

pasang charger hp di sepeda motor – www.trafoz.com

 

 

Namun sekarang, ada beberapa cara untuk tetap bisa mempertahankan daya baterai HP agar perangkat tetap aktif atau menyala. Selain membawa power bank, pengendara juga bisa memodifikasi sepeda motor mereka dengan membuat charger HP.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk memasang charger HP pada sepeda motor antara lain papan PCB Matrix, IC 7812, IC 7805, kapasitor elektrolit 2200uf/25V, kapasitor elektrolit 220ef/16V, saklar, sekering, port USB, kabel, dan box. Sementara, alat yang diperlukan adalah multimeter, obeng, solder dan timah, tang, dan gunting.

Jika bahan dan alat sudah siap, Anda bisa langsung merakit semua komponen tersebut sehingga membentuk sebuah rangkaian charger HP sederhana di motor. Rangkai semua komponen tersebut menggunakan solder dan timah. Lalu, pasang saklar di kabel in, sekering, dan USB di kabel out. Setelah itu, hubungkan input ke aki dan masukkan rangkaian ke dalam box hitam agar rapi.

Pada dasarnya, tegangan aki sepeda motor adalah 12 Volt, sedangkan tegangan baterai HP adalah 3,7 Volt. Dengan menggunakan IC 780,  tegangan 12 Volt bisa diturunkan menjadi 5 Volt. Sementara, resistor 1 ohm digunakan untuk menghambat tegangan ke LED sebagai lampu indikator. Adapun kapasitor elektrolit, berfungsi sebagai penyimpan arus DC untuk menyambung dan memutus arus.

Jika Anda tidak mau repot atau kebetulan tidak begitu menguasai ilmu elektronik, Anda bisa membeli alat charger HP ini. Charger HP di motor ini dijual dengan yang sangat terjangkau, yaitu mulai Rp12.000 per buah.

Namun, Anda harus berpikir dua kali sebelum memutuskan untuk memasang peralatan ini di motor Anda. Pasalnya, penambahan alat ini bisa mengakibatkan garansi sepeda motor Anda terhapus. Terhapusnya garansi sepeda motor itu tergantung pada bagian yang diubah. Jika berasal dari jalur kunci kontak, maka bagian itu yang tidak bisa diklaim garansi. Namun jika motor sudah berusia lebih dari satu tahun dari pembelian (waktu garansi habis), maka pemasangan perangkat ini aman dilakukan.

   
Penulis: