Mirip Panigale, Ducati Hadirkan SuperSport 950 Edisi 2021

Sepeda-.info – Ketika kita berbicara mengenai motor keluaran Ducati, pasti yang terbersit adalah seri Panigale. Ini wajar lantaran tersebut adalah ikon di Ducati di segmen sport bike, dengan yang cukup brutal. Nah, sebagai pendamping, di segmen yang sama, perusahaan asal Italia tersebut baru saja merilis SuperSport 950 edisi 2021.

Ducati SuperSport 950 – www.totalmotorcycle.com

Disalin dari Motor1, alternatif ini mewakili titik masuk yang terjangkau dan dapat diakses di ceruk pasar super bike, di dalam pabrikan transalpine. Selain itu, untuk memperluas argumen pembeliannya, kuda besi tersebut menerima beberapa perbaikan penting, termasuk baru dan penataan ulang estetika, yang memang terinspirasi dari varian Panigale.

Dari sisi desain, bentuk depan mirip dengan yang diperkenalkan pada Panigale V4, dengan strip LED yang khas, sedangkan sekarang menampilkan insang yang menarik di samping, yang dirancang oleh Ducati Style Center. SuperSport 950 juga mengusung ventilasi udara samping anyar, dengan peralatan elektronik yang diperbarui dan telah mematuhi standar emisi Euro5.

Bukan itu saja, kaca depan alias windshield-nya dibuat rendah untuk menciptakan garis ramping dan dinamis yang terhubung ke tangki. Dengan desain modern yang juga menjadi tempat diletakkannya dasbor TFT berwarna penuh yang baru, Ducati menjamin perlindungan aerodinamis oleh plexiglas dan membuat pengendara bisa menyesuaikan ketinggiannya dalam dua posisi.

Sementara itu, untuk sektor dapur pacu, mesin Ducati SuperSport 950 2021 sebagian besar tetap tidak berubah, masih persis seperti model sebelumnya. Mesin berkapasitas 937cc Testastretta, bersama dengan Hypermotard dan Multistrada 950, memang sudah ditingkatkan ke standar Euro5, tetapi angka performa tetap sama, dengan tenaga maksimal 110 HP dan torsi puncak di angka 94 Nm.

Perbaikan yang paling penting terjadi di bidang elektronik/teknologi. Model 2021 dilengkapi dengan unit pengukur enam sumbu BOSCH, yang mendeteksi posisi sepeda motor di jalan raya, serta kontrol seperti ABS saat menikung dan kontrol traksi. SuperSport 950 juga memiliki gearbox elektronik, serta tiga mode mengemudi (Sport, Touring, dan Urban) yang dapat dipilih melalui layar TFT 4,3 inci. Tersedia mulai Februari 2021, motor ini diperkirakan mulai 14 ribu euro.

Baca juga:   Tantang Honda Rebel, Yamaha Bolt Edisi 2020 Rilis Juni
   
Penulis: