Ducati Monster 795 Corse, Edisi Spesial yang Macho plus Cantik

 862 views

Selain Perancis, merupakan salah satu negara di Benua Eropa yang sangat tersohor dengan jiwa artistiknya. Goresan serta sentuhan seni kerap diterapkan pada desain-desain buatan Negeri Pizza tersebut, tidak terkecuali dengan kendaraan roda dua. Dan, salah satu kendaraan roda dua yang mencerminkan selera seni tinggi khas adalah Ducati Monster 795 Corse.

Ducati Monster 795 Corse – coretan-shendra.blogspot.co.id

Jika Anda penggemar atau sering melihat perkembangan dunia global, pasti sudah tidak asing lagi dengan merek Ducati. Perusahaan dengan warna kebesaran merah menyala ini dikenal sebagai salah satu pabrikan yang rajin meluncurkan motor-motor sport berkualitas, salah satunya model Monster 795 Corse ini.

Secara tampilan, Ducati Monster 795 Corse ini mengusung desain yang cantik sekaligus macho. Garis yang membentuk kurva dari depan ke belakang mengalir padu dan sukses menciptakan satu desain yang tidak bosan dipandang. Meski demikian, desain motor ini bisa dikatakan tidak pure original karena disebut terinspirasi dari Honda NT650 yang legendaris.

Di bagian depan, pabrikan asal Italia membekali motor ini dengan headlamp yang mirip kepunyaan Ducati Diavel. Sementara, di sektor buritan, hadir lampu rem berukuran cukup mungil dengan teknologi LED, yang sangat pas dengan lekukan buritan. Lekukan jok dari depan hingga belakang juga terkesan mengalir dan tidak kaku.

Untuk sektor jantung pacu, Ducati Monster 795 Corse menggendong tipe L-Twin cylinder, 2 valve per cylinder Desmodromic, air-cooled, berkapasitas 803cc. Dengan bekal tersebut, motor ini sanggup memuntahkan tenaga maksimal 64 kW pada putaran 8.250 rpm dan torsi puncak menembus angka 78 Nm pada putaran 6.250 rpm.

Karena tenaga yang dihasilkan cukup besar, untuk keamanan pengendara, Ducati juga telah membekali motor ini dengan rem dual disc di roda depan, serta rem single disc di bagian belakang dengan dua piston. Sementara, suspensi model upside-down dari SHOWA di bagian depan dan suspensi belakangan monoshock dari SACHS ditanamkan untuk menjamin kenyamanan para rider.

Di samping itu, Ducati Monster 795 Corse juga membawa beberapa modern, meski tidak terlalu lengkap, seperti panel speedometer digital yang memuat trip-meter, mapping ECU, oil change schedule, dan konsumsi BBM real time; parking light seperti pada mobil Eropa; dan Ducati Data Analysis Ready (DDA Ready). Ketika meluncur di pada tahun 2012 lalu, motor ini ditawarkan dengan mulai Rp265 jutaan. Berikut teknis Ducati Monster 795 Corse.

Tipe Mesin L-Twin cylinder, 2 valve per cylinder Desmodromic, air-cooled
Mesin 803cc
Diameter x Langkah 88 x 66 mm
Daya Maksimum 64 kW @ 8.250 rpm
Torsi Maksimum 78 Nm @ 6.6250 rpm
Sistem Bahan Bakar Fuel injection
Rangka Tubular chrome moly steel
Jarak Sumbu Roda 1.450 mm
Suspensi Depan SHOWA upside-down 43 mm
Suspensi Belakang SACHS monoshock, double sided-swing arm
Rem Depan Dual disc 320 mm, 4-piston
Rem Belakang Single disc 245 mm, 2-piston
Ban Depan 120/60-17
Ban Belakang 160/60-17
Kapasitas Bahan Bakar 15 L
Berat Kosong 167 kg
Transmisi 6-speed
   
Penulis: