Harley Davidson CVO Road King, Proyek Spesial Pabrikan AS

Harley Davidson Road King merupakan salah satu model spesial dalam program Vehicle Operations (CVO) pabrikan asal AS. Model ini memulai debut pada tahun 2002 lalu dan memainkan peran penting dalam perkembangan program CVO. Di tahun berikutnya, Harley memperkenalkan model Screamin’ Eagle Road King dengan berkapasitas 103 kubik (1.801cc), Twin-Cam.

Harley Davidson CVO Road King – www.motorcycle-usa.com

 

Meski sempat ditangguhkan selama beberapa tahun dari program CVO, di tahun 2007, ini hadir kembali masih dengan mesin berkapasitas 1.801cc, Twin-Cam, V-twin. Program ini sendiri merupakan edisi terbatas, eksklusif yang diproduksi oleh tim teknisi di daerah perakitan khusus di Harley di York, Pa. dan Kansas City. Sekitar 3.150 unit dari edisi 2008, termasuk 1.800 model Anniversary 105, dirakit di fasilitas York.

Di tahun 2013, Harley menghadirkan kembali CVO Road King yang mengalami beberapa pembaruan, salah satunya berat yang berkurang 78 pon yang ditujukan untuk mencapai power di putaran rendah. Selain itu, gearbox didesain lebih luas sehingga pengendara mendapatkan kecepatan maksimal di jalan raya dengan hanya membutuhkan waktu beberapa shift.

Untuk meningkatkan kenyamanan pengendara, pabrikan yang berbasis di Milwaukee telah membekali CVO Road King dengan setang yang mudah dijangkau dan jok empuk yang terbuat dari material kulit berkualitas. Selain itu, ukuran box atau tas diperpanjang sehingga mampu menampung barang bawaan atau perkakas dengan lebih banyak.

Untuk kebutuhan perjalanan jarak jauh, motor ini juga dilengkapi windshield yang kini dapat diatur sehingga memungkinkan pengendara untuk menyesuaikan kondisi dengan angin yang berembus. Dengan kaca depan sepenuhnya tertutup, udara akan datang dari bawah kaca depan sehingga tidak mengganggu pandangan.

Selain kaca depan dengan ventilasi, CVO Road King edisi 2013 juga merupakan model pertama dari ini yang menerima audio yang dapat digunakan untuk menjalakan perangkat iPod. iPod plug-in berada di pelana kiri, sedangkan kontrol audio dikendalikan melalui setang. Sistem audio ini memiliki power 200 Watt dengan dua speaker 5,25 inci di fairing.

Di antara perangkat tambahan, yang menarik dari model CVO Road King adalah kontrol throttle elektronik baru, serta penutup riser baru yang dilengkapi lampu indikator. Sementara, untuk jantung pacu, pabrikan AS membekali motor ini dengan mesin Twin-Cam 110, berkapasitas 1.801cc, air-cooled, Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI). Berikut teknis Harley CVO Road King.

Manufaktur Harley Davidson
Model CVO Road King
Tipe Mesin Twin-cam 110
Mesin 1.801cc
Diameter x Langkah 101,6 x 111,1 mm
Sistem Pendingin Air-cooled
Rasio Kompresi 9,2:1
Sistem Bahan Bakar Electronic Sequential Port Fuel Injection (ESPFI)
Sistem Starter Electric
Transmisi 6-speed cruise drive
Jarak Sumbu Roda 64 inch
Suspensi Depan 49 mm Lowered single side cartridge
Suspensi Belakang Hydraulic adjustable pre-load (tool-less) CVO-style low profile
Rem Depan 32 mm 4-piston, dual floating rotors
Rem Belakang 32 mm 4-piston, fixed rotors
Ban Depan 130/60B-19 61H
Ban Belakang 180/55B-18 80H
Kapasitas Bahan Bakar 6 gallons
Berat Kosong 822 lbs.
Harga USD 28.499
   
Penulis: