Spesifikasi Motor Harley di Film ‘Harley Davidson and The Marlboro Man’

 491 views

Harley Davidson merupakan asal Serikat yang telah melanglang-buana di industri roda dua global selama lebih dari satu abad. Dalam perjalanannya yang sangat panjang ini, perusahaan yang bermarkas di Milwaukee telah memproduksi puluhan, bahkan ratusan model sepeda besar atau moge, yang umumnya ditujukan untuk kebutuhan .

Sebagai salah satu icon dalam industri sepeda motor dunia, Harley Davidson memang memiliki magnet tersendiri di kalangan pencinta . Bahkan, pamor motor ini juga telah merambah dunia hiburan dengan dipakainya motor produksi Harley dalam beberapa film keluaran Hollywood. Anda tentu masih ingat bagaimana Nicholas Cage mengendarai Harley dalam film Ghost Rider yang dirilis pada tahun 2007 atau juga John Travolta ketika bermain dalam film Wild Hogs pada tahun yang sama.

Harley Davidson Softail FXR Super Glide – moto.zombdrive.com

 

Mundur sedikit ke belakang, ada Roger Moore yang mengendarai Harley Aermacchi 350 SS ketika bermain dalam film James Bond “Live and Let Die” di tahun 1973. Kemudian, motor Harley Super Glide edisi 1974 juga pernah nampang dalam film komedi Pee-Wee’s Bing Adventure yang meluncur tahun 1985. Lalu, di tahun 1982, Sylvester Stallone juga berkesempatan mengendarai Harley FLH Electra Glide edisi 1978 ketika menjadi aktor utama dalam film Rocky III.

Namun, tidak cuma menjadi bagian aksesoris yang ditampilkan dalam film, nama Harley Davidson juga sempat dijadikan judul film buatan Hollywood, salah satunya film Harley Davidson and The Marlboro Man yang diluncurkan pada tahun 1991 silam. Film ini sendiri dibintangi oleh Mickey Rourke dan Don Johnson.

Dalam film ini, Mickey Rourke digambarkan sangat akrab dengan motor Harley Davidson XL Softail FXR edisi 1989. Dengan FXR -nya, Rourke mengendarai motor melintasi gurun yang menggambarkan karakter yang kesepian, menemani karakter lain seperti Virginia Slims dan Jack Daniels.

Film ini sendiri, meski tidak mengumpulkan pujian dari kritikus dan tidak ambil bagian dalam pergelaran Oscar 1991, namun telah menjadi semacam kultus di kalangan penggemar Harley di seluruh dunia. Motor Harley Softail Custom FXR yang ditunggangi Rourke telah memiliki ketenaran seperti motor yang dikendarai Peter Fonda dalam film Easy Rider.

Untuk urusan jantung pacu, Harley Davidson FXR diketahui menggendong 4-stroke, air-cooled, V-Twin 45 derajat, OHV, 2 valve per cylinder, berkapasitas 1.337cc. Dengan bekal tersebut, motor ini disebut mampu meletupkan tenaga maksimal 42,3 kW pada putaran 5.000 rpm melalui transmisi manual 5 percepatan. Berikut Harley Davidson Softail FXR Super Glide.

Tipe Mesin 4-stroke, air-cooled, V-Twin, OHV, 2 valve per cylinder
Kapasitas Mesin 1.337cc
Diameter x Langkah 88,8 x 108 mm
Starter Electric
Daya Maksimum 42,3 kW @ 5.000 rpm
Transmisi Manual, 5-speed
Rem Depan Single disc 292 mm
Rem Belakang Single disc 292 mm
Ban Depan 100/90-19
Ban Belakang 130/90-16
Berat Kosong 250 kg
Kapasitas Bahan Bakar 16 L
   
Penulis: