Honda Astrea Prima, Motor Bebek Bandel Era 1990-an

 11873 views

Honda merupakan salah satu merek populer di Tanah Air, terutama di segmen motor bebek. Pasalnya, pabrikan asal Jepang itu memang banyak merilis varian moped yang legendaris dan bandel sehingga banyak digandrungi di Indonesia. Salah satu bebek buatan Honda yang menjadi legenda di mata Indonesia adalah Astrea Prima.

honda astrea prima – olx.co.id

 

Motor ini pertama kali meluncur di Indonesia pada awal tahun 1990-an. Saat itu, Astrea Prima dihadirkan untuk menggantikan posisi Astrea Star. Bisa dibilang, Astrea Prima merupakan versi minor change dari Astrea Star. Namun, penambahan kelengkapannya bisa dibilang cukup canggih di masanya, seperti suspensi depan teleskopik, sistem transmisi empat percepatan, dan mesin 97cc.

Secara garis besar, Astrea Prima hadir dalam dua model, yaitu yang menggunakan sistem starter electric dan yang tidak. Kemudian, ada juga generasi limited edition yang tampil dengan warna hitam di sekujur bodi. Persneling model rotary juga memberikan keunikan tersendiri dengan bisa mengoper gear empat ke netral dalam kondisi berhenti. Model ini juga mengusung suspensi belakang yang bisa disetel untuk sendirian atau boncengan.

Salah satu yang khas dari Astrea Prima adalah adanya tatakan di atas spakbor depan untuk menaruh barang bawaan, terutama jas hujan. Di samping itu, terdapat mata kucing di sisi kanan dan kiri spakbor depan yang akan menyala jika ada sorot lampu untuk keamanan.

Sementara untuk sektor jantung pacu, Astrea Prima dibekali mesin tipe 4-stroke, single cylinder, berkapasitas 97cc, berpendingin udara. Dengan modal tersebut, motor ini mampu meraih daya 8,9 PS pada putaran 8.000 rpm dan torsi puncak 0,93 kg-m pada putaran 6.000 rpm. Versi built-in Jepang bahkan diklaim mampu meraih kecepatan maksimal 120 km per jam.

Pada tahun 2015 lalu, Honda kembali merilis motor bandel ini di pasaran Malaysia. Bernama Honda EX5 Dream, New Astrea Prima ini mengusung knalpot dan suspensi dengan aksen krom serta sudah menggunakan sistem injeksi. Versi Astrea Prima ini dibanderol di kisaran Rp11 jutaan. Berikut teknis Honda Astrea Prima.

Dimensi 1.915 x 705 x 1.076 mm
Jarak As Roda 1.234 mm
Berat 93 kg
Kapasitas Bahan Bakar 3,7 liter
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Double Shock
Rem Depan Tromol
Rem Belakang Tromol
Ban Depan 2,25-17
Ban Belakang 2,50-17
Tipe Mesin 4-stroke, single cylinder, pendingin udara
Isi Silinder 97cc
Diameter x Langkah 50 x 49,5 mm
Daya Maksimum 8,9 PS @ 8.000 rpm
Torsi Maksimum 0,93 kg-m @ 6.000 rpm
Sistem Transmisi , 4-speed
Sistem Starter Kick & Electric
Baca juga:   Honda CRF1000L Africa Twin Resmi Meluncur, Simak Spesifikasi dan Harganya!
   
Penulis: