Honda Gorilla, Motor Mini Kepunyaan Honda

 8115 views

Tak cuma Kawasaki yang memiliki Z Series, Honda ternyata juga punya. Bedanya, Z Series yang diproduksi Honda merupakan yang didesain dengan ukuran mini, ringan, dan bisa dilipat sehingga mampu menghadirkan kenyamanan dan kemudahan dalam memenuhi kebutuhan transportasi sehari-hari.

honda gorilla – www.raidermoto.com

 

Meski memiliki ukuran yang mini, namun Honda Z Series bukan hanya ditujukan untuk anak-anak. Motor ini juga menyasar segmen remaja yang ingin belajar mengendarai motor. Dan, karena berukuran kecil yang menjadikan pengendaranya kelihatan seperti pemain sirkus, motor ini juga kerap disebut dengan Honda Monkey atau Honda Gorilla.

Honda Gorilla mengawali eksistensinya pada tahun 1961 dalam pameran motor Honda di Honda’s Tama Tech Amusement Park dan Sirkuit Suzuka. Saat itu, Honda menghadirkan prototipe berukuran kecil dan berbentuk unik dengan kode Honda Z100.

Honda Z100 menggunakan roda dengan ukuran 5 inci, mengusung berkapasitas 50cc dalam bingkai rangka berwarna merah serta tangki bensin berwarna putih. Karena antusiasme masyarakat cukup tinggi, ini kemudian dikembangkan menjadi versi jalan raya dengan kode CZ100. inilah yang kemudian populer dan diekspor dalam jumlah terbatas ke Eropa pada tahun 1963.

Setelah itu, pada tahun 1967, CZ100 dikembangkan menjadi versi baru dan diberi kode nama Z50M. Perubahannya masih sebatas penempatan seat atau jok menjadi lebih tinggi serta posisi stang atau kemudi yang bisa ditekuk agar lebih mudah untuk dikendarai. Sementara bagian lain, seperti ban atau roda, masih berukuran sama dengan CZ100 dan tetap tanpa suspensi (rigid).

 

Selang dua tahun kemudian, diproduksi model Z50Z (JDM) untuk pasar dalam negeri Jepang dan Z50A untuk pasar dan Eropa (atau sering disebut mini trail). Pada seri ini, aplikasi suspensi mulai digunakan meski hanya pada bagian depan saja.

Seri pertama Z50A yang dipasarkan ke Amerika juga disebut sebagai versi K0 (K Zero) dan dijual hanya untuk penggunaan off road karena tidak mengusung lampu pencahayaan. Selain K0, dikembangkan juga versi QA50 untuk pasar Amerika yang didesain khusus untuk kondisi off road.

Setelah itu, pada tahun 1973, muncul varian baru Z50A K3 yang sudah menerapkan suspensi belakang dan suspensi lengan ayun untuk model Z50J. Lalu, model terakhir ini diperbarui menjadi Seri J-I, J-II, dan J-III. Khusus seri J-III, mengusung tangki bahan bakar yang lebih besar dan sektor mesin yang menerapkan transmisi manual 4 percepatan dan dikenal sebagai Honda Gorilla.

Secara umum, Honda Z Series mengusung mesin berkapasitas 50cc, 4-stroke. Beberapa model memiliki kopling sentrifugal dan sistem transmisi manual tiga percepatan, sementara yang lain memiliki transmisi  semi-otomatis tiga percepatan untuk para pemula.

Sayangnya, pada tahun 1999, Honda memutuskan untuk menghentikan produksi motor mininya tersebut. Namun, beberapa varian Honda Gorilla masih dibuat dengan edisi terbatas untuk memuaskan hasrat para kolektor.

   
Penulis: