Yamaha Pamerkan Motor Trail Listrik TY-E di Tokyo Motorcycle Show 2018

 819 views

Sepeda-.info – Hanya berselang beberapa hari setelah pengajuan paten, pabrikan asal Jepang, Yamaha, memperkenalkan sepeda motor bertenaga listrik mereka yang diberi nama TY-E. Kuda besi yang memiliki cukup eksotis tersebut dipamerkan pabrikan berlogo garpu tala dalam ajang Tokyo Motorcycle Show 2018 yang dimulai Jumat (23/3) kemarin.

Yamaha TY-E – naikmotor.com

Mengutip Visordown, motor listrik keluaran Yamaha tersebut tampil cukup cantik ketika hadir dalam ajang FIM Trial E-Cup 2018. Seperti kebanyakan lainnya yang mengusung utama berupa baterai dan motor listrik, namun Yamaha TY-E sedikit berbeda karena telah dilengkapi dengan kopling mekanis dan roda gila, untuk mengatur tenaga keluaran, atau untuk memberikan sensasi berkendaraan seperti sepeda motor konvensional.

“Tetapi, yang paling menonjol dari trial Yamaha itu adalah beratnya yang kurang dari 70 kg. Padahal, trial konvensional bermesin bensin seperti Montesa Cots 300RR yang berdaya setara dengan TY-E beratnya 77 kg,” tulis Naikmotor.com. “Ringannya TY-E dimungkinkan berkat penggunaan bahan komposit karbon plastik yang diperkuat atau CFRP pada rangkanya. Sekaligus fakta pertama kalau sepeda motor listrik bisa lebih ringan daripada sepeda motor konvensional di kelas yang setara.”

Motor trail listrik yang memiliki genre dual- dan juga ramah lingkungan ini sedang dipersiapkan Yamaha dan diberi nama Passion Electric Dirt 2 (PED2), pengembangan dari dirt bike murni PED1 tahun 2015. dari Passion Electric Dirt 2 (PED2) direncanakan menggunakan baterai Lithium-ion, dan akan memiliki bobot maksimal tidak sampai 100 kg, agar pengendara motor ini berasa benar-benar nyaman ketika melewati jalur off-road.

Yamaha memastikan konsep PED2 pada motor trail listrik ini akan memiliki performa setara dengan konsep bermesin konvensional kapasitas 125cc. Meski demikian, perusahaan tersebut belum mengeluarkan spesifikasi lengkap tentang motor ini, hanya baru saja sampai tahap mempatenkan gambar dan mengeluarkan skema gambar sederhana.

“Kami di sini fokus untuk menciptakan motor trial kompetisi. Kami juga berusaha untuk mengembangkan motor lebih jauh lagi,” ungkap Yamaha. “Kami berusaha untuk meminimalkan kelemahan motor listrik jenis ini, dimana bodi yang ringan ditambah tenaga besar akan membuat pengendalian menjadi sulit.”

   
Penulis: