Honda Siapkan PCX Sebagai Motor Skutik Pesaing Yamaha NMAX?

Jakarta – Posisi Yamaha di kelas skutik gambot 150 cc memang masih tak terkalahkan. PT Astra Motor (AHM) pun berencana untuk meluncurkan matik yang bakal menyaingi NMAX. AHM sendiri memiliki skutik bermesin 150 cc bernama PCX, namun PCS dianggap bukan pesaing NMAX sebab PCX statusnya CBU (impor utuh dari Vietnam) dan mempengaruhi jual.

Honda PCX Pesaing Yamaha NMAX – otomotif.kompas.com

 

Sebelumnya santer beredar kabar jika Honda akan menghadirkan matic Honda Forza yang siap diproduksi dalam negeri. Tetapi belum lama ini PT AHM mengaku tak jadi memproduksi Forza untuk dilokalkan. Untuk gantinya, PT AHM memutuskan untuk merakit PCX di Indonesia. Salah seorang petinggi AHM tak membantah rumor itu, sebab bila Forza dilokalkan, modelnya dianggap terlalu lama karena sudah sejak lama dirilis di pasar global.

“Kita belum tahu modelnya nanti apa. Sedang kita persiapkan,” ujar Thomas Wijaya selaku GM Divisi Penjualan AHM.

Selain itu, secara spesifikasi motor Honda Forza juga tak bisa dianggap sebagai pesaing, sebab dan kualitasnya termasuk kelas atas, sehingga kurang cocok dibuat dalam negeri. Namun sayang Thomas masih enggan membocorkan tipe akan yang akan diproduksi massal di Indonesia.

Saat ditanyai perihal PCX, Thomas hanya meminta para agar sabar menunggu. “Intinya sedang kita pelajari di segmen itu. Waktu dan modelnya apa, belum bisa kita informasikan,” aku Thomas.

Sebagai informasi, di Indonesia motor Honda PCX dibanderol hingga Rp 40 jutaan. Padahal, sang kompetitor Yamaha NMAX dijual sekitar Rp 20-30 jutaan. Salah satu penyebab PCX lebih mahal adalah karena motor ini diimpor secara utuh dari Vietnam, sedangkan NMAX dibuat di Indonesia. Apabila PCX diproduksi di Tanah Air, maka kemungkinan harganya akan sangat bersaing.

   
Penulis: