Victoria FM 38, Moped Antik Hits di Era 1940-an

 2209 views

Kekalahan di Perang Dunia II membawa petaka bagi Jerman. Semua infrastruktur di negara tersebut hancur, termasuk industri . Industri roda dua di Jerman mengalami kehancuran sekitar 70 hingga 95 persen pasca-Perang Dunia II. Pasalnya, setelah perang, Sekutu sebagai pihak pemenang melarang Jerman untuk memproduksi dengan berkapasitas lebih dari 350cc. Produsen roda dua Jerman juga hanya diizinkan memproduksi 10 ribu unit per tahun dengan antara 60cc hingga maksimal 350cc.

Victoria FM 38 – www.flickriver.com

 

Dengan berbagai ketentuan tersebut, tak mengherankan jika produsen motor Jerman harus mencari akal untuk bisa bertahan hidup, tak terkecuali dengan pabrikan bernama Victoria. Karena kondisi tersebut, kepala desainer Victoria yang bernama Albert Roder lantas merancang sebuah baru untuk sepeda motor yang kemudian menjadi terkenal ke seantero dunia.

Saat itu, Albert Roder bersama tim Victoria merancang model FM 38 (Fahrrad-Motor 38cc). Bertolak dari kebijakan konvensional saat itu, motor ini dirancang dengan menggunakan frame tambahan yang dipasang di roda belakang untuk meminimalkan tekanan dari tenaga mesin yang berlebih. Diperkenalkan pertama kali pada tahun 1946, motor Victoria FM 38 lantas menjadi hits dan bisa bertahan hingga enam tahun masa .

Secara tampilan, Victoria FM 38 merupakan sepeda motor kategori bebek atau moped. Namun, berbeda dengan moped yang beredar belakangan, Victoria FM 38 masih mengusung layaknya sepeda onthel atau sepeda kumbang. Hal ini tampak pada model rangka yang pipih, bentuk jok pengendara dan yang dibonceng, hingga model lampu depan, bayangan, dan roda yang berukuran besar.

Kemiripan motor ini dengan sepeda onthel juga tampak pada pengaplikasian sepasang pedal. Sementara, mesin diletakkan di bagian bawah, samping kiri roda belakang, dan tangki bahan bakar berada di bawah jok belakang. Jadi, ketika moped kehabisan bahan bakar, maka sepeda ini masih bisa dilajukan dengan cara dikayuh.

Meski hanya bermodal mesin dengan 38cc, namun Victoria FM 38 ternyata mampu mencapai kecepatan yang tidak main-main. Seorang pembalap bernama Geroge Dotterwich sempat mencapai kecepatan 79 km per jam ketika menggunakan motor ini di jalan raya Ingolstadt-Muenchen. Kini, bekas sepeda motor antik ini ditawarkan dengan mulai Rp25 jutaan.

   
Penulis: