Saingi Yamaha NMAX, AHM Bakal Luncurkan Honda PCX Versi Lokal

 181 views

Jakarta – Belakangan ini segmen (skutik) bongsor seolah didominasi oleh Yamaha NMAX. Tak ingin kalah saing, PT Astra Motor (AHM) pun kabarnya bakal segera meluncurkan PCX buatan lokal dengan yang cukup bersaing.

Honda PCX – maduralive.com

“Memang belum bisa dipastikan, tapi sepertinya di bawah 30 (juta rupiah),” ujar salah seorang sumber. Bila harga tersebut memang benar diterapkan untuk PCX lokal, maka kemungkinan NMAX akan memiliki pesaing yang cukup kuat. Pasalnya tertinggi Yamaha NMAX saat ini dijual sekitar harga Rp 29,6 juta OTR (on the road) Jakarta, sementara itu versi non ABS dihargai Rp 25,7 juta OTR Jakarta.

Untuk diketahui, selama ini PT AHM masih mengimpor Honda PCX secara utuh (CBU) dari negara Vietnam. Oleh sebab itu Honda PCX harga banderolnya relatif mahal, yaitu sekitar Rp 40.525.000 OTR Jakarta. Namun jika nantinya diproduksi sendiri oleh AHM di dalam negeri, maka harga jualnya diharapkan bisa sesuai dengan daya beli pasar.

Menurut informasi yang beredar, Honda PCX lokal tersebut nantinya juga akan memiliki yang mirip seperti PCX impor dan dilengkapi LED. “Kemudian lampu belakangnya pakai terpisah dan roda belakang juga sudah pakai rem cakram,” tutur sumber.

Honda PCX versi CBU mengusung 153 cc, SOHC, eSP, berpendingin cairan. Pada kondisi standar, PCX tersebut dapat menyemburkan tenaga maksimal 13,5 dk pada 8.500 rpm dan torsi maksimal 13,7 Nm pada 5.500 rpm. Kemudian PCX impor ini juga dibekali lampu Idling Stop System, ACG Starter, LED, dan memiliki desain yang terlihat elegan.

   
Penulis: