Honda Verza 150, Motor Sport Sejuta Umat

 2698 views

Semakin berkembangnya pasar sport entry-level membuat banyak pabrikan berlomba-lomba meluncurkan lini terbaru untuk memanjakan konsumen. , sebagai salah pabrikan terbesar di dunia, tak mau kalah dengan memproduksi Verza 150.

Sejak pertama kali diluncurkan pada Januari 2013, Verza 150 menjadi salah satu motor terlaris milik Honda dengan penjualan lebih dari 141.456 unit dalam kurun waktu dua tahun. Bahkan, penjualan motor ini mampu mengalahkan penjualan New MegaPro yang meluncur terlebih dahulu. Karena itu, tak heran jika Honda Verza 150 dijuluki “motor sejuta umat” layaknya motor bebek milik Honda, Supra.

Generasi facelift Verza 150 meluncur pada Agustus 2015 dengan menghadirkan beberapa fitur terbaru. Verza 150 facelift ini sudah memiliki sertifikat Euro 2 dan juga Euro 3. Jadi,  Honda Verza 150 versi facelift ini sudah sesuai dengan standar emisi motor-motor keluaran baru, yang artinya motor ini semakin irit dan tangguh.

Selain itu, Verza 150 versi facelift juga menampilkan corak striping yang lebih fresh, berpadu pilihan warna yang semakin memancarkan aura . Verza 150 facelift menyertakan striping yang lebih bercorak dinamis dengan model tribal dan warna baru. Corak striping itu terlihat lebih simpel namun tetap fresh daripada varian Honda Verza 150 versi lama.

Sementara untuk spesifikasi bodi secara keseluruhan, tak banyak mengalami perubahan. Dari segi headlamp, Honda masih mempertahankan model V-Shape yang dipermanis dengan lekukan tajam berwarna abu-abu pada sisi samping headlamp. Selebor tetap menggunakan model membulat namun sporty. Pada bagian tangki juga tidak ada perubahan yang mencolok, dengan mengandalkan shroud yang runcing pada bagian depan tangkinya.

Namun untuk panel speedometer, Verza 150 facelift ini sudah dibalut dengan aksen karbon yang membuatnya lebih stylish. Di luar itu, Honda masih tetap mengandalkan panel pada bagian penunjuk bahan bakar (fuel meter), penunjuk jarak tempuh, dan juga trip meter. Honda Verza 150 versi facelift juga masih mempertahankan cluster penunjuk kecepatan dengan model analog.

Beralih ke sektor dapur pacu, Verza 150 dibekali mesin tipe SOHC, 4-langkah, 1-silinder berkapasitas 149,2cc. Motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 9,72 kW atau 13,2 hp pada putaran mesin 8.5000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 12,7 pada putaran mesin 6.000 rpm. Meski powernya termasuk rendah di kelas entry-level motor sport, namun Verza 150 bisa diandalkan untuk urusan daya tahan mesin dan konsumsi BBM.

Honda Verza 150 dilepas dalam dua varian, yaitu varian spoke wheel (velg jari-jari) dan varian cast wheel (velg ). Untuk varian spoke wheel, dibanderol dengan harga Rp18,2 jutaan, dengan pilihan warna advance white, masculine black, dan bold black. Sementara varian cast wheel, hadir dalam pilihan warna advance white, masculine black, bold black, dan winning red serta dibanderol Rp19,3 jutaan.

   
Penulis: