Kaptein Mobylette, Moped Lawas Unik Ala Sepeda Onthel

 3077 views

Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan sepeda kayuh onthel. Sepeda onthel merupakan sepeda yang sangat legendaris dengan yang khas. Di , sepeda onthel ini sering juga disebut dengan sepeda unta, sepeda kebo, atau pit pancal dan digunakan masyarakat perkotaan hingga tahun 1970-an.

Kaptein Mobylette – www.stichtingdeoudetweewieler.nl

 

Berbagai macam sepeda onthel dari berbagai negara pernah beredar di pasar Indonesia. Pada segmen premium, terdapat seperti Fongers, Gazelle, dan Sunbeam. Sementara, pada level di bawahnya, ada nama-nama familiar seperti Simplex, Burgers, Raleigh, Humber, Rudge, Batavus, Phillips, dan juga NSU.

Lalu, bagaimana dengan Kaptein Mobylette? Mungkin nama ini masih terdengar asing di kalangan pencinta sepeda onthel. Pasalnya, meski memiliki desain sangat mirip dengan sepeda onthel, namun nyatanya Kaptein Mobylette adalah sebuah bebek atau moped. bebek Kaptein Mobylette tercatat dirilis sejak tahun 1960 hingga tahun 1964.

Dalam empat tahun perjalanannya tersebut, ada beberapa Kaptein Mobylette yang beredar di pasaran. Model pertama adalah S-24 Tourist. Moped yang dirilis di rentang 1960 hingga 1961 ini mengusung desain layaknya sepeda onthel, mulai bentuk jok, boncengan belakang, roda depan dan belakang, hingga pedal dan lampu depan. Bedanya, terdapat sebuah tangki bahan bakar di bagian bayangan dan pada bagian bawah.

Seiring dengan model S-24 Tourist, dirilis juga varian S-25 Tourist. Model ini tidak jauh berbeda dengan saudaranya. Hanya saja, S-25 Tourist telah menerapkan spatbor depan dan belakang dengan ukuran lebih tebal dibandingkan pendahulunya. S-25 Tourist sendiri diproduksi hingga tahun 1962.

Kemudian, pada tahun 1962, model S-35 Super dirilis dengan berbagai perubahan yang cukup signifikan. Meski masih mengusung desain khas sepeda onthel, namun model ini telah mengusung bodi yang lebih kompak, model bayangan berukuran besar, dan spatbor dengan ukuran yang lebar.

Bersamaan dengan S-35 Super, diluncurkan pula varian S-45 Grand Tourist dengan model yang lebih keren dan modern. Berturut-turut kemudian muncul model S-33 Rubuust, S-55 Grand Sport dengan desain khas motor sport batangan, S-20 Tourist, S-30 Robuust, S-50 Speciale, S-46 Moby Club, S-56 Grand Sport, S-35 KS GS, S-35L, dan terakhir S-37 Club.

Meski hadir dalam berbagai varian, namun motor bebek Kaptein Mobylette rata-rata dibekali dengan mesin berkapasitas 50cc. Di Indonesia, bekas moped unik ini ditawarkan dengan mulai Rp9 jutaan hingga Rp15 jutaan.

   
Penulis: