Modenas Dinamik 120, Motor Bebek Galak Asal Malaysia

 7138 views

Malaysia merupakan salah satu negara di kawasan Asia Tenggara yang disebut masih memiliki rumpun yang sama dengan Indonesia. Sayangnya, jika Indonesia belum punya nasional sendiri (masih dalam tahap rencana), Malaysia sudah memiliki Modenas. Modenas merupakan nasional terbesar di Malaysia yang dulunya pernah memiliki hubungan sejarah erat dengan .

Modenas Dinamik 120 – arenapermotoran.com

 

Modenas sendiri telah memproduksi banyak varian sepeda motor, mulai skuter matik, motor bebek matik, motor bebek standar, hingga motor sport batangan cruiser. Namun, ada satu Modenas yang dianggap sebagai salah satu karya terbaik perusahaan otomotif tersebut, yaitu Dinamik 120.

Dinamik 120 merupakan motor bebek 2-stroke yang mengambil blue print dari keganasan Kawasaki Leo yang terlebih dahulu wara-wiri di Negeri Gajah Putih Thailand. Hal ini tampak pada crankase berwarna cokelat. Sementara, swing arm sangat identik dengan kepunyaan Ninja 150. Dinamik 120 ini konon kabarnya dihadirkan untuk mengganggu eksistensi Yamaha 125Z yang sedang berkibar di kancah road race lokal.

Dihadirkan pada akhir tahun 1990-an, produksi motor ini sempat mengalami discontinue setelah empat tahun beredar karena kalah dengan produk dari Jepang. Namun, dilihat dari situs resmi Modenas, motor ini ternyata diproduksi kembali. Dinamik 120 tampil dengan yang tidak neko-neko dan cenderung kaku. Meski demikian, gaya bebek sporty langsung tampak pada bodi hingga bentuk knalpot bergaya racing.

Yang unik, jika kebanyakan pabrikan lebih getol memproduksi motor bebek 4-stroke fuel injection, namun Dinamik 120 ini masih setia dengan model 2-stroke, . Disokong silinder tunggal dan 118cc, motor ini diklaim mampu meletupkan tenaga maksimal 12,5 kW pada putaran 9.000 rpm melalui sistem transmisi manual 6 percepatan.

Di Malaysia, Dinamik 120 hadir dalam tiga pilihan , yaitu merah, kuning, dan biru. Satu unit motor bebek sporty tersebut dibanderol dengan harga mulai RM 6.600 atau sekitar Rp21 jutaan. Berikut spesifikasi teknis Modenas Dinamik 120.

Tipe Mesin 2-stroke, single cylinder, air-cooled
Kapasitas Mesin 118cc
Diameter x Langkah 54 x 51,8 mm
Daya Maksimal 12,5 kW @ 9.000 rpm
Sistem Transmisi Manual, 6-speed
Sistem Starter Kick
Tipe Rangka Pipe Backbone
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Lengan Ayun, Monoshock
Rem Depan dan Belakang Disc Brake
Kapasitas Bahan Bakar 4,6 liter
Baterai 12 Volt 3 Ah
Harga RM 6.600
   
Penulis: