Katalog Terbaru Harga Aki Motobatt untuk Motor

 14594 views

Aki atau accu merupakan salah satu komponen penting yang harus ada pada kendaraaan bermotor, tak terkecuali . Fungsi aki adalah sebagai sumber tenaga atau suplai listrik untuk setiap komponen yang memerlukan listrik, mulai lighting, starter, hingga aksesori seperti alarm.

motobatt quadflex – one3motoshop.com

 

Secara umum, aki dapat dibagi menjadi lima macam, yaitu aki basah, aki kalsium, aki hybrid, aki MF (maintenance free), dan aki gel. Aki basah merupakan tipe aki yang sangat umum di pasaran dan banyak ditemukan di bengkel-bengkel sepeda motor. Aki ini mengandung larutan elektrolit berupa asam sulfat (H2SO4) dan masih populer digunakan hingga saat ini.

Lalu, aki kalsium, terbuat dari kalsium dan mirip dengan aki basah, hanya dibedakan berdasarkan kutub positif dan negatif. Sementara, aki hybrid adalah aki yang menggabungkan dua tipe aki menjadi satu. Aki ini merupakan kombinasi aki basah dan aki kalsium.

Adapun aki MF (maintenance free) lebih dikenal sebagai aki kering. Meski dinamakan aki kering, namun aki MF ini juga tetap menggunakan larutan elektrolit untuk mengaktifkan sel dalam menyimpan arus. Hanya, aki jenis ini memiliki segel khusus yang sangat kuat sehingga dapat menahan penguapan larutan elektrolit.

Terakhir, aki gel, yang merupakan terobosan terbaru dalam penyimpanan arus pada kendaraan bermotor. Jika aki pada umumnya menggunakan cairan elektrolit sehingga mudah tumpah, maka aki ini menggunakan gel sebagai elektrolit. Selain itu, aki gel ini diklaim memiliki usia dua kali lipat lebih lama dibandingkan aki konvensional.

Khusus untuk aki gel, di sendiri sudah muncul merek aki gel yang pantas dicoba, yaitu Motobatt Gel Technology. yang sudah dipasarkan di Tanah Air pada tahun 2012 lalu oleh PT Motobatt Indonesia tersebut memiliki lisensi Amerika dan diklaim sebagai satu-satunya aki dengan teknologi gel di Indonesia.

Keunggulan aki Motobatt ini adalah memiliki ampere dan charge cycle yang lebih tinggi sehingga aki lebih awet dua kali lipat dibandingkan aki lainnya. Misalnya, Suzuki Thunder 125 yang membawa aki pabrik 7 ampere, maka bisa menggunakan aki Motobatt berkapasitas 8 ampere. Efek yang ditimbulkan adalah kelistrikan motor lebih mumpuni.

Motobatt juga didesain dengan model yang unik, yaitu dilengkapi spacer pada bagian bawah sehingga cocok digunakan pada jenis motor apa pun, baik itu motor bebek, matik, atau motor sport. Selain itu, aki ini juga tersedia dalam model dengan empat terminal.

Khusus untuk motor gede, aki Motobatt menggunakan teknologi quad-flex absorbed glass mat technology, yaitu campuran kertas berkualitas tinggi dengan serbuk kaca yang mampu membuat daya ampere lebih tahan lama. Jika menggunakan aki ini, motor yang tidak digunakan dalam jangka waktu lama pun dapat di-starter dengan mudah. Jadi, pemilik kendaraan tidak perlu memanaskan mesin motor tiap hari.

Lalu, berapa aki Motobatt saat ini? Berikut katalog terbaru aki Motobatt.

Tipe Aki Motobatt Harga (Rp)
Motobatt MTX3L Gel 178.000
Motobatt MTZ5S Gel 195.000
Motobatt MTX5AL Gel 205.000
Motobatt MTZ6S Gel 275.000
Motobatt MTX7A Gel 300.000
Motobatt MTX7D Gel 305.000
Motobatt Quad-flex MBTX7U 800.000
   
Penulis: