Kawasaki Kaze R, Pelopor Motor Bebek Modern

 5371 views

Pada pertengahan tahun 1990-an silam, pabrikan pernah merilis sebuah moped ( ) bertitel Kaze R yang bisa dibilang sebagai pelopor motor 4-stroke modern. Dibilang pelopor karena saat kompetitor lain masih mengandalkan motor berkapasitas 100-105cc, Kaze R sudah mengusung berkapasitas 112cc.

kawasaki kaze r – jba.co.id

 

Kaze R diproduksi secara resmi oleh perusahaan Kawasaki Heavy Industries antara rentang tahun 1995 hingga 2002. Mesin yang andal serta akselerasi yang gesit ketika digunakan untuk transportasi sehari-hari merupakan beberapa keunggulan Kaze R.

Di samping itu, jika dibandingkan motor sejenis di eranya yang cenderung tampil , Kaze R memiliki desain yang sedikit berbeda. Hal ini tampak pada bodi yang memiliki sedikit lekukan. Selain itu, pilihan warna dan stripping juga tergolong sederhana. Sementara, ukuran jok dibuat sedikit melebar untuk kenyamanan pengendara dan penumpang.

Meski penampilan bodinya tergolong biasa-biasa saja, namun bodi yang diusung Kaze R terbilang kuat. Walau sudah berumur, namun jarang timbul suara-suara yang mengganggu akibat getaran. Kelebihan lainnya adalah handling yang mantap khas Kawasaki. Motor ini bisa diajak melewati jalanan lurus maupun menikung dengan nyaman karena didukung sasis yang kokoh.

Selain itu, balancer stang yang diusung motor ini mampu meredam getaran dari shockbreaker depan. Sementara, lampu depan yang sudah mengusung model dual headlamp memberikan penerangan yang lebih bagi pengendara. Tak heran jika kedua teknologi ini diikuti kompetitor lain di kemudian hari.

Salah satu keunikan lain yang diusung Kaze R, yang kemudian ditiru juga oleh kompetitor, adalah mengusung model knalpot sporty. Padahal waktu itu, rata-rata motor bebek masih menggunakan model knalpot panjang seperti bambu.

Untuk sektor mesin, Kaze R sudah dilengkapi filter oli ganda yang tergolong bandel. Karena itu, tak heran jika motor ini memiliki karakter yang lembut dan nyaman pada putaran mesin bawah. Sebaliknya, Kaze R akan bertenaga ketika digeber pada putaran mesin atas.

Sementara untuk jantung pacunya sendiri, Kawasaki membekali Kaze R dengan mesin 4-stroke, silinder tunggal, berkapasitas 112cc, berpendingin udara, dengan sistem transmisi manual 4 percepatan. Motor seberat 100 kg ini juga didukung ban depan berukuran 70/90-17 dan ban belakang berukuran 80/90-17, serta rem tromol di sisi belakang dan rem cakram di bagian depan.

   
Penulis: