Kawasaki Z800, Street Fighter Legendaris dengan Style Baru

 1991 views

Pada tahun 2013 lalu, PT Motor (KMI) akhirnya melengkapi kelas premium dari seri Z dengan merilis Kawasaki Z800. Motor bergenre fighter ini berhasil mencuri atensi di saat penggemar moge di Tanah Air sedang digandrungi tipe motor berkubikasi besar.

www.team-bhp.com

 

Z800 merupakan pengembangan dan penyempurnaan dari legenda keluarga Z. Setelah peluncuran Z1 lebih dari empat puluh tahun lalu, ikon mesin Z yang terkenal handal kini hadir dengan yang baru.

Pada September 2015 lalu, Kawasaki Z800 mengalami beberapa pembaruan. headlamp terkesan galak dengan mengusung bentuk mirip predator. Sementara, bagian upper engine berdesain melengkung yang dipadukan dengan shrouds yang kali ini ditempatkan lebih rendah. Konsep bodi ini membuat aura street fighter Z800 lebih kentara.

Beralih ke sektor jok, Z800 sudah menerapkan model jok terpisah atau split sehingga motor ini akan nyaman bagi pemboncengnya. Kemudian, lampu belakang telah mengadopsi desain lampu LED taillight yang berbentuk lebih slim, namun tetap cantik. Sementara, penutup mesin atau under cowl yang bersudut tajam makin memperkuat kesan gahar Z800.

Untuk panel dashboardnya, Z800 menerapkan konsep desain spedometer minimalis namun tetap dengan sentuhan modern. Kesan modern ini tampak pada panel full digital yang dibagi menjadi tiga bagian, yaitu panel utama (penunjuk speedometer, odometer, jam, trip meter), panel tengah yang menunjukkan Economical Riding Indicator, dan panel samping yang menunjukkan indikator lampu utama serta lampu sein dan juga penunjuk bahan bakar.

Sementara untuk sektor jantung pacunya, motor berdimensi 2.100 x 800 x 1.050 mm ini menggendong mesin 4-stroke in line 16 katup, DOHC, liquid-cooled, berkapasitas 806cc. Dengan bekal tersebut, Z800 mampu memuntahkan daya hingga 113 hp pada putaran 10.200 rpm, serta torsi puncak menembus 83 Nm pada putaran 8.000 rpm. Semua tenaga tersebut disalurkan melalui sistem transmisi manual enam percepatan.

Di Indonesia, Kawasaki Z800 hadir dalam dua varian warna, hijau dan putih. Satu unit Kawasaki Z800 dibanderol di kisaran Rp212.000.000 untuk wilayah Jadetabekser.

   
Penulis: