Kawasaki Versys 250 (LE250), Motor Sport Terbaru untuk Pasar Indonesia

 783 views

Para penggemar Tanah Air tampaknya bakal semakin dimanjakan. Pasalnya, salah satu pabrikan yang getol merilis lini sport, yaitu Kawasaki, dikabarkan bakal segera mendatangkan line up terbaru mereka ke , yaitu model Versys 250. Kabar ini berembus usai PT Kawasaki Motor (KMI) diketahui mendaftarkan uji tipe motor dengan kode LE250B dan LE250C pada Kementerian Perindustrian.

Kawasaki Versys 250 – adventuriderz.com

 

Sebelumnya, kode “LE” pernah didaftarkan Kawasaki untuk model Versys 650, tepatnya LE650C. Jadi, kode LE250B dan LE250C mengindikasikan kalau ini merupakan varian yang lebih rendah dari model Versys dengan mengusung berkapasitas 250cc.

Dalam pernyataannya, Deputy Head Sales & Promotion , Michael C. Tanadhi, tidak menampik bahwa pihaknya telah mendaftarkan TPT uji tipe Versys 250. Namun, dia belum bisa memastikan apakah motor tersebut bakal lulus uji tipe atau tidak. “Saya belum bisa berkomentar banyak mengenai motor tersebut. Tetapi, kami sebelumnya memang mengatakan ada empat motor yang akan diluncurkan pada tahun 2016, dan mungkin saja ada kejutan,” katanya.

Kawasaki Versys 250 sendiri dijadwalkan melakukan debut pertama secara global dalam ajang EICMA 2016 yang berlangsung di Milan, Italia. Menurut beberapa media , Versys 250 akan dikembangkan dalam dua varian, mesin 250cc dirilis di negara berkembang (salah satunya di Indonesia) dan mesin 300cc yang bakal dipasarkan di Benua Eropa.

Motor ini disebut merupakan hasil kloning antara gen Z250 dengan kostum Versys. Kabarnya, Kawasaki menyiapkan Versys 250 untuk berduel secara langsung dengan KTM Duke 390. Memang, jika dilihat dari konsep , motor ini memiliki basis yang hampir sama dengan kepunyaan Duke 390.

Kawasaki sendiri akan mempertahankan diamond frame yang ada pada Z250 di model ini. Namun, untuk bodi eksterior, akan mencomot konsep Versys 650 dan juga Versys 1000, termasuk desain headlamp, side fender, dan juga style tempat duduk. Sementara, untuk saluran gas buang, pabrikan Jepang bakal menggunakan desain knalpot mirip kepunyaan 250.

Di bagian jantung pacu, motor ini ditengarai bakal menggendong mesin berkapasitas 249cc, parallel twin yang memiliki konfigurasi mirip dengan kepunyaan Kawasaki Z250. Adapun di bagian kaki, bakal tersemat suspensi depan model upside down dan juga suspensi belakang tipe monoshock. Jadi, kita tunggu saja kehadiran motor ini di Indonesia.

   
Penulis: