Kekurangan Honda Verza 150

 28490 views

Verza 150 merupakan salah satu varian entry-level yang pertama kali diluncurkan di pada tahun 2013 lalu. Meski dari tenaga dan kecepatan motor ini kalah dari para pesaingnya, namun motor ini berhasil mencuri perhatian publik lewat versatilitasnya di segala medan serta irit bahan bakar. Karena itu, tak heran jika Verza 150 kemudian sangat laris di pasaran dan sempat dijuluki motor sejuta umat.

indo-modif.com

 

Pada Agustus 2015 lalu, generasi facelift motor ini meluncur dengan menghadirkan beberapa baru, termasuk sertifikat Euro 2 dan juga Euro 3. Dengan sertifikat tersebut, Verza 150 semakin irit bahan bakar dan tangguh.

Dari segi tampilan, Verza 150 mengusung headlamp dengan  V-Shape yang dipermanis dengan lekukan tajam berwarna abu-abu pada sisi samping headlamp. Selebor menggunakan membulat namun sporty, sedangkan bagian tangki mengandalkan shroud yang runcing pada sisi depan tangkinya.

Untuk jantung pacunya, Verza 150 dibekali mesin SOHC, 4-langkah, 1-silinder berkapasitas 149,2cc. Motor ini mampu memuntahkan tenaga hingga 9,72 kW atau 13,2 hp pada putaran mesin 8.5000 rpm, serta torsi maksimal menyentuh 12,7 Nm pada putaran mesin 6.000 rpm. Meski powernya termasuk rendah di kelas entry-level motor sport, namun Verza 150 bisa diandalkan untuk urusan daya tahan mesin dan konsumsi BBM.

Karena tidak ada sesuatu yang sempurna, Verza 150 juga memiliki beberapa yang kerap dikeluhkan pengguna. -kekurangan tersebut antara lain:

  • Suspensi belakang masih menggunakan suspensi ganda. Sebagai motor sport, seharusnya Verza 150 sudah mengusung suspensi monoshock, yang sekaligus mengimbangi suspensi teleskopik di sisi depan.
  • Verza 150 hanya dilengkapi speedometer berpenampilan analog. Sementara, panel digital hanya ada di fuel meter, odometer, dan trip meter tanpa tachometer.
  • Untuk model spoke wheel, tangki bahan bakar terlihat terlalu menonjol jika dibandingkan dengan model cast wheel.
  • Tidak ada saklar lampu, sehingga lampu menyala saat mesin dihidupkan.
  • Seperti dijelaskan sebelumnya, kecepatan maksimal yang bisa diraih Verza 150 tergolong rendah untuk ukuran motor sport 150cc, hanya 110 km/jam.
   
Penulis: