Keunggulan dan Harga Koil Yamaha Scorpio YGP-5BP

 24156 views

Jika Anda berkecimpung dalam dunia , terutama , Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan komponen koil. Koil merupakan salah satu komponen pengapian pada yang berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik dari aki (accu) yang hanya 12 Volt menjadi ribuan bahkan puluhan ribu Volt. Arus listrik yang besar ini kemudian disalurkan ke busi sehingga busi memercikkan bunga api di dalam ruang pembakaran.

koil 5BP original scorpio – okyesaw.wordpress.com

 

Banyak yang berpendapat, bahwa jika busi menghasilkan percikan api yang besar, maka pembakaran motor akan bagus. Sementara yang lain mengatakan, percikan api berwarna biru menandakan pembakaran yang optimal. Lalu, mana yang benar?

Sebenarnya, kemampuan bakar percikan api di busi, sebagai hasil pelipatgandaan tegangan dari oleh koil, yang baik bukan ditentukan berdasarkan besar kecilnya atau warna percikan api. Tetapi, oleh energi panas yang dihasilkan percikan apinya. Makin tinggi energi panas yang dihasilkan, maka kemampuan membakar kabut gas di ruang bakar juga semakin baik.

Lalu, bagaimana cara mengetahui koil mana yang memiliki energi panas yang paling baik? Caranya cukup simpel, yaitu dengan menggunakan media kertas yang disisipkan di antara percikan api di busi. Jika koil tersebut memiliki percikan api dengan energi panas yang tinggi, maka kertas akan cepat terbakar.

Untuk sepeda motor pabrikan, koil yang telah terbukti memiliki energi yang baik adalah koil special engine semacam YZ125 atau YZ250. Koil Suzuki RM80 juga termasuk koil yang bagus, selain beberapa koil aftermarket. Tak heran jika banyak mekanik memilih koil special engine ini meski harganya rata-rata di atas Rp350 ribuan per buah.

Lalu, bagaimana dengan koil milik Yamaha Scorpio? Koil Yamaha Scorpio terkenal dengan kode 5BP. Koil ini diklaim mampu menghasilkan tegangan sebesar 30.000 Volt dan menjadi rekomendasi koil standar yang bertenaga selain YZ125 dan koil Honda Karisma yang mampu menghasilkan tegangan 35.000 Volt.

Dalam suatu tes pengukuran percikan api di busi untuk melubangi kertas A4 80 gram pada motor Suzuki Shogun 110 di putaran rpm 5.000, koil Yamaha Scorpio membutuhkan waktu 4,8 detik. Sementara, koil milik Karisma mencapai waktu 4,3 detik dan koil YZ125 hanya perlu 2,1 detik.

Beberapa keunggulan koil Yamaha Scorpio ini adalah cukup ampuh untuk membuat bahan bakar menjadi lebih irit. Hal ini dikarenakan perbandingan bahan bakar dan performa yang menjadi cenderung seimbang usai pembakaran disempurnakan lagi dengan koil berdaya besar. Selain itu, dari sisi performa, koil milik Yamaha Scorpio ini juga lebih bertenaga.

Karena kemampuan dan performanya ini, koil Yamaha Scorpio memang banyak dicari mereka yang hobi memodifikasi sepeda motor. Harga koil Yamaha Scorpio ini berada di kisaran Rp110 ribuan hingga Rp130 ribuan.

   
Penulis: