Keunggulan (Kelebihan) Ban Tubeless Untuk Sepeda Motor

 2555 views

merupakan salah satu komponen penting pada sebuah . Ban berfungsi sebagai pengendali arah kendaraan, sebagai penanggung berat beban kendaraan termasuk penumpang, sebagai penerus tenaga dari , dan sebagai peredam atau suspensi .

ban tubles – .liputan6.com

 

Karena memiliki fungsi yang sangat penting bagi sepeda , maka sebaiknya pemilik rutin merawat ban kendaraan mereka. Beberapa cara yang bisa dilakukan di antaranya memeriksa angin dan kondisi fisik secara berkala, menggunakan standard tengah ketika memarkir sepeda motor, menghindari kontaminasi dengan cairan kimia, menghindari kontak matahari yang terlalu lama, dan mengganti ban ketika sudah melewati batas TWI (tread wear indicator atau batas pemakaian ban).

Pada umumnya, ban dibagi menjadi dua , yaitu ban biasa (tubetype) dan ban tubeless. Banyak pengendara sepeda motor yang mengasumsikan bahwa ban tubeless jauh lebih baik dibandingkan ban biasa. Alhasil, banyak pemilik motor yang kemudian beralih ke ban tubeless. Padahal, baik atau tidaknya ban tergantung dari penggunaan motor yang bersangkutan.

Secara umum, ban tubeless memiliki struktur yang lebih keras dibandingkan ban biasa karena mempunyai karet yang lebih tebal dan padat. Karena itu, ban tubeless sangat cocok digunakan di jalanan perkotaan dengan kondisi jalan yang mulus. Sebaliknya, ban jenis ini tidak bisa dipaksakan untuk melewati jalanan yang rusak atau tidak rata karena dapat merusak velg.

Beberapa kelebihan atau keunggulan lain penggunaan ban tubeless pada sepeda motor, di antaranya:

  • Lebih tahan bocor jika dibandingkan ban biasa. Jika ban ini terkena benda tajam, komponen tubeless akan segera menutup dan memadati celah yang ditimbulkan tusukan benda tajam tersebut. Namun biasanya, ban tubeless juga lebih susah untuk terkena benda tajam sehingga pengendara tidak harus bolak-balik pergi ke tukang tambal ban.
  • Pada saat bocor pun, ban tubeless masih dapat digunakan untuk sekadar pergi ke tempat tambal ban.
  • Hampir semua ban tubeless memiliki alur yang lebih baik sehingga memiliki daya cengkeram yang lebih maksimal dan stabil untuk segala kondisi jalanan.
  • Ban tubeless juga lebih stabil jika digunakan untuk menikung atau bermanuver dalam kecepatan tinggi.

Meski memiliki banyak kelebihan, ban tubeless juga tak luput dari kelemahan. Karena menggunakan compound yang lebih lunak, ban tubeless memiliki usia yang lebih pendek dibandingkan ban biasa. Selain itu, ban ini memiliki yang lebih mahal dan hanya bisa dipasangkan dengan velg racing.

   
Penulis: