Mengekor Indonesia, Yamaha India Suntik Mati Byson Karburator

 2964 views

New Delhi, FZS atau resmi dihentikan produksinya oleh India Yamaha Motor (IYM). Motor yang juga sempat diluncurkan di dengan nama ini diputuskan untuk discontinue dan digantikan oleh Yamaha FZS FI yang menggunakan injeksi.

.liputan6.com

 

Dilansir dari laman Zigwheels (28/2), IYM memutuskan untuk menghentikan produksi Yamaha FZS karena yakin motor ini akan kalah bersaing dengan versi injeksinya, Yamaha FZS FI yang memiliki lebih lengkap. Disebutkan pada laman tersebut, bukan hanya FZS yang disuntik mati oleh India Yamaha Motor, tapi juga skuter matik Ray.

Bernasib sama dengan Yamaha FZS, posisi skutik Ray juga tergeser oleh kehadiran suksesor barunya Ray Z yang baru-baru ini diluncurkan oleh IYM. Keberadaan Ray juga semakin terdesak oleh kehadiran Yamaha Fascino, skuter matik lain dari IYM yang tengah naik daun.

Di Indonesia sendiri, Byson karburator telah dihentikan produksinya oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sejak tahun lalu, bersamaan dengan munculnya Byson FI berteknologi injeksi. Diakui oleh YIMM, motor yang pertama kali diluncurkan pada September 2010 lalu ini telah laku terjual sebanyak ratusan ribu unit.

Byson karburator yang dipasarkan di India dan Indonesia memiliki mesin yang identik. Keduanya mengandalkan  mesin berkubikasi 153 cc, 4 langkah, 2 valve, dengan pendingin udara. Menggunakan transmisi 5 percepatan yang ditanamkan, mesin motor ini mampu menghasilkan daya hingga 13,5 Tk/7.500 rpm dengan torsi 13,6 Nm/6.000 rpm.

   
Penulis: