Mesin Bensin Untuk Sepeda, Buat Mereka yang Capek Gowes

 8102 views

Saat ini, bersepeda bukan hanya menjadi kebutuhan olahraga, melainkan juga gaya hidup. Bahkan, banyak juga yang menggunakan kendaraan roda dua tak bermesin tersebut untuk pergi ke tempat kerja atau ke sekolah dan kampus.

mesin bensin – www.myspeedwheels.com

 

Memang, rutin mengayuh sepeda bisa membuat tubuh semakin sehat. Namun terkadang, beberapa orang merasa malas atau terlalu capek jika diminta untuk mengayuh sepeda setiap sehari. Untuk meringankan kerja dan kebutuhan para pencinta sepeda, kini ada beberapa sepeda yang didesain dengan menggunakan mesin bensin.

Mesin bensin sendiri merupakan sebuah mesin pembakaran dalam yang menggunakan nyala busi untuk proses pembakaran dan dirancang untuk menggunakan bahan bakar bensin atau yang sejenis. Umumnya, mesin bensin diaplikasikan pada kendaraan bermotor roda empat, , pesawat, mesin pemotong rumput, mesin untuk speedboat, dan sebagainya.

Namun seperti diutarakan sebelumnya, kini mesin bensin juga mulai banyak diterapkan pada sepeda kayuh. Biasanya, mesin bensin diletakkan di bagian belakang sepeda, tepat di atas ban belakang, atau bisa juga diletakkan di bagian bawah, di ruang kosong bodi sepeda.

sepeda yang dapat dikonversikan menjadi sepeda mesin bensin biasanya yang memiliki ukuran 26 inci, baik single speed maupun multi-speed mountain bike. Hasil konversi sepeda mesin ini memungkinkan mengendarai sepeda secara normal (dengan dikayuh) atau dengan menjalankan mesinnya.

Karena merupakan perlengkapan tambahan, kebanyakan sepeda mesin bensin yang beredar di pasaran adalah hasil rakitan. Salah satu yang menonjol adalah SpeedWheels tipe Pixie ukuran 26 inci, yaitu sebuah assembler sepeda mesin tipe 2-stroke dengan kapasitas silinder 66cc. Sebelum dipasarkan, sepeda ini diklaim telah melakukan uji ketahanan sejauh 40 km dengan hasil memuaskan.

Sepeda SpeedWheels Pixie ini sendiri menggendong mesin single cylinder, 2-stroke, berpendingin udara, berkapasitas 66cc. Dengan modal tersebut, sepeda ini diklaim mampu meletupkan daya 1,7 kW pada putaran 5.500 rpm dan 30 hingga 35 km per jam. Sepeda dengan bobot 9,5 kg ini juga disebut-sebut irit bahan bakar karena hanya menghabiskan 1,5 liter bensin untuk menempuh jarak 50 km.

   
Penulis: