Meski Kurang Laris, AHM Masih Pasarkan Skutik Honda SH150i di Indonesia

Bandung – Walaupun pasar matic di Indonesia saat ini sedang naik daun, tetapi premium SH150i yang sudah diluncurkan dari tahun 2017 lalu ternyata kurang begitu memuaskan. Skutik yang didatangkan langsung dari Vietnam ini ternyata kurang disambut antusias oleh konsumen di Tanah Air.

Honda SH150i – otomotif.kompas.com

Dalam setahun penjualan Honda SH150i ternyata masih ada di level kurang dari 500 unit, sementara itu untuk skutik lainnya mencapai puluhan ribu unit. Berdasarkan data Asosiasi Industri Indonesia (AISI), selama periode Juni-Desember 2017, penjualan SH150i hanya 140 unit. Parahnya sepanjang semester 2018 SH150i hanya terjual 2 unit saja.

Menurut Presiden Direktur PT Astra Honda (AHM) Toshiyuki Inuma, salah satu faktor penjualan yang minim adalah karena dari sisi dinilai terlalu mahal dibanding skuter 150 cc Honda yang lainnya. “Kami sadari skutik ini memang mahal karena impor dari Vietnam. Andai ini diproduksi lokal, bisa turunkan harganya atau lebih murah Rp 7 juta dari yang sekarang,” beber Inuma, seperti dilansir Kompas.

Walaupun angka penjualannya tidak begitu besar, tetapi skutik yang dijual dengan harga Rp 39,9 berstatus on the road (OTR) DKI Jakarta ini akan tetap dijual untuk para konsumen yang berminat. Pihak PT AHM pun masih belum berencana menghentikan SH150i untuk sementara ini. “Pasarnya kecil sehingga permintaannya juga menjadi kecil. Masih kita jual sampai sekarang, belum punya rencana menghentikan penjualannya,” ucap Direktur Pemasaran AHM Thomas Wijaya akhir pekan lalu di Bandung, Jawa Barat.

Lebih lanjut Thomas menerangkan bahwa permintaan skuter yang diimpor secara utuh atau CBU dari Vietnam ini masih ada meskipun jumlahnya sangat kecil. Faktor itu pula yang membuat PT AHM tetap berkeyakinan untuk menjual Honda SH150i di Indonesia. “Belum punya rencana untuk menghentikan penjualannya. Permintaannya juga masih ada, dan coba akan kita penuhi berdasarkan pemesanan,” beber Thomas.

Sebagai informasi, Honda SH150i yang juga dipasarkan untuk Eropa ini dilengkapi dengan sederet canggih seperti Honda Smart Key System, answer back system, dan juga anti theft alarm system. Selain itu ada juga power charging untuk memudahkan pengisian daya gadget.

   
Penulis: