Motor Terbaru Honda PCX Listrik Resmi Mengaspal di Indonesia

Jakarta – PT Astra (AHM) rupanya meluncurkan bertenaga elektrik, Honda PCX listrik di pada Kamis (31/1) kemarin. Peluncuran Honda PCX electric vehicle (EV) ini sekaligus menandai Honda sebagai salah satu produsen pertama yang bakal menjual motor listrik di Tanah Air.

Honda PCX Listrik – .kompas.com

“Kami memutuskan untuk meluncurkan sepeda motor listrik pertama Honda untuk Indonesia, yaitu Honda PCX Electric,” kata Toshiyuki Inuma selaku Presiden Direktur PT Astra Honda Motor di Kemayoran, Jakarta Utara, Kamis (31/1), seperti dilansir Gridoto.

Inuma mengaku gembira dengan peluncuran sepeda motor Honda PCX Electric tersebut. Pasalnya, sejak diperkenalkan pertama kali dalam ajang otomotif Indonesia Motorcycle Show (IMOS) pada November 2018, rupanya banyak masyarakat yang tidak sabar menantikan motor matic satu ini.

“Model ini merupakan salah satu perwujudan roadmap Astra Honda Motor untuk menghadirkan sepeda motor sesuai dengan tren yang berkembang saat ini. Dalam upaya memberikan produk terbaik bagi masyarakat Indonesia kami akan terus mengembangkan produk-produk yang mampu menjawab kebutuhan dan keinginan para ,” papar Inuma.

Honda PCX Electric memanfaatkan dinamo dan 2 baterai yang masing-masing diklaim dapat menghasilkan tenaga listrik mencapai 50,4 V serta menghasilkan output maksimum 4,2 kW dan torsi maksimal 18 Nm pada 500 rpm. Di negara asalnya, Jepang sana, Honda PCX versi listrik ini justru sudah meluncur sejak tahun 2017 lalu.

“Salah satu tantangan kami yakni mengembangkan sepeda motor dengan memanfaatkan energi terbarukan. Honda sendiri sudah melakukan penelitian dan pengembangan sepeda motor dengan energi terbarukan, listrik, selama 25 tahun. Performa power, jarak tempuh, keamanan, keselamatan, kenyamanan, ketangguhan, kualitas tinggi, keekonomisan, dan lainnya. Itulah tantangan pada motor listrik,” ungkap Inuma.

Sayangnya, bagi masyarakat umum yang ingin menjajal kecanggihan PCX elektrik tampaknya harus sedikit bersabar. Pasalnya pihak AHM rencananya baru akan menjual motor listrik ini untuk area terbatas dahulu. “Kami saat ini pertama-tama akan menjalankan skema bisnis berupa penyewaan kepada perusahaan untuk mendukung operasional bisnis perusahaan di berbagai lini. Kami akan terus mempelajari dan menyesuaikan secara bertahap akan perkembangan motor listrik ini ke depannya,” tutur Johannes Loman, selaku Executive Vice President Director AHM.

   
Penulis: