Harga Rp200 Jutaan, Honda CRF1100L Africa Twin 2020 Mengaspal

 259 views

Sepeda-.info – Motor trail CRF1100L Africa Twin edisi 2020 akhirnya resmi dirilis pada pergantian tahun kemarin. Mulai tersedia di pasaran Amerika Serikat pada awal tahun ini, sepeda motor tersebut ditawarkan dengan mulai 14.399 dolar AS atau setara Rp200 jutaan untuk versi termurah hingga 17.999 dolar AS atau Rp250 jutaan untuk paling mahal.

Honda CRF1100L Africa Twin 2020 – www.iamabiker.com

Kuda besi ini tampil dengan wajah baru, didukung dengan spesifikasi yang andal. Dilansir dari Oto, update dimulai dari parallel-twin berkapasitas 1.048 cc. Berkat stroke yang dipanjangkan sekitar 5 mm, volumenya naik 86cc dari model sebelumnya. Kepala silinder juga direvisi, peningkatan katup meningkat, throttle body lebih besar, dan injector menghasilkan semprotan lebih besar ke dalam ruang bakar.

Secara keseluruhan, torsi sepeda motor meningkat 7 persen dan tenaga puncak naik 6 persen. Kini, CRF1100L Africa Twin  mampu meraih torsi 105 Nm di putaran 6.250 rpm dan mencapai tenaga maksimal 101 HP di 7.500 rpm. Transmisi 6 percepatan lebih ringan, berkat kopling lebih kecil dan enteng. Transmisi semi Dual Clutch Transmission (DCT) tetap tersedia, namun hanya untuk tertinggi.

Ubahan juga menjalar ke sektor , dengan bagian dashboard sekarang lebih canggih dibandingkan seri sebelumnya. Pabrikan telah menyematkan panel instrumen TFT berukuran 6,5 inch, dengan bentangan layar yang mengusung teknologi touch yang menawan. ini juga dibekali dengan Bluetooth Smartphone/Audio Connectivity, yang dikombinasikan dengan fitur mirroring, Apple CarPlay.

Bagian rangka pun dirancang ulang. Alhasil, berat motor mengalami penurunan bobot sekitar 1,8 kg. Sub-frame juga didesain dengan model bolt-on, dibuat dengan material aluminium. Tangki bahan bakar lebih besar dibanding model sebelumnya, dengan generasi terbaru berkapasitas 24,2 liter. Sehingga, pengendara tidak perlu khawatir isi bensin berulang kali saat dibawa jarak jauh.

Sebelum benar-benar dirilis, penampakan Honda CRF1100L Africa Twin 2020 sudah bocor pada September 2019 lalu. Foto tampilan jelas produk ini sempat dimuat oleh situs Motorcycle.com. Kala itu, situs tersebut menuliskan bahwa varian motor anyar Honda Africa Twin yang akan dirilis pada tahun 2020 itu akan mengusung mesin berkapasitas 1.084 cc. Peningkatan mesin itu disertai dua opsi transmisi manual atau matik kopling ganda.

Baca juga:   Scomadi Bangun Pabrik di Thailand, Skuter Lambretta Bakal Masuk Indonesia?
   
Penulis: