Makin Gahar, KTM Kenalkan Lineup Motor Off-Road & Enduro Model 2023

 120 views

Jakarta – Sebelum populer melalui lini bike, sudah terlebih dahulu dikenal publik lewat off-road dan mesin enduro yang performanya menakjubkan. Pabrikan asal Austria ini pun tak ingin ketinggalan dengan merilis pembaruan pada deretan produk off-road untuk tahun 2023, yakni tipe XC-W, XCF-W, dan EXC-F.

KTM 500 EXC-F 2023 – ultimatemotorcycling.com

“Fondasi yang kokoh dimulai dengan rangka dan XC dan XC-F baru mendapatkan rangka yang sama dengan rekan-rekan mereka yang berfokus pada MX bersama dengan WP Xact baru, meskipun mereka jelas membawa pengaturan yang lebih sesuai untuk off-road,” demikian seperti dilansir dari Dirtrider.

Baca juga:   Varian Aprilia SportCity One, Skuter Matik Beraroma Balap

Motor-motor enduro itu mengusung rangka baja Chromoly berlapis oranye serta desain yang diperindah. Salah satu hal yang paling menonjol dari koleksi motor enduro 2023 besutan KTM adalah skema warnanya yang masih didominasi oleh oranye. Selain itu, KTM juga mulai bereksperimen dengan corak baru untuk memberi karakter dinamis pada motor.

Pihak KTM menilai, perpaduan beberapa elemen ungu serta sentuhan putih bertujuan sebagai tribute terhadap model enduro awal era 1990-an. Dari segi performa, motor ini bisa dibilang berjalan sebaik penampilannya. Selain mengusung rangka teralis baja Chromoly yang ringan, motor enduro KTM didukung suspensi WP XPLOR yang teruji di bagian depan dan belakang. Suspensi tersebut mempunyai penyesuaian penuh dan Progressive Damping System eksklusif di bagian belakang.

Baca juga:   Duo Tim Ducati Terlempar, Keberuntungan untuk Rossi di MotoGP Argentina

KTM juga menawarkan ground clearance yang lebih tinggi dan perawatan lebih mudah karena lebih sedikit komponen bergerak. Untuk memastikan traksi yang maksimal pada XC-W dan XCF-W, KTM memasangi ban Dunlop. Di bagian depan, ban Dunlop MX33 baru memastikan handling yang tajam, sedangkan ban AT81 di belakang menawarkan cengkeraman maksimum untuk akselerasi berat.

Baca juga:   Honda Bakal Pamerkan All New CBR1000RR Bulan Depan?

Sedangkan sektor dapur pacunya rupanya belum banyak berubah dari generasi sebelumnya. Motor 2 tak masih mengandalkan Transfer Port Injection (TPI) dari KTM, yang sudah dikenal mampu memastikan kondisi pengoperasian yang lebih bersih, peningkatan efisiensi bahan bakar, serta penyaluran tenaga yang halus dan kuat.

Sementara itu, untuk mesin 4-tak (350cc, 450cc, dan 500cc) terus menjadi unit serbaguna, terutama di lingkungan yang kompetitif. KTM mengklaim motor tersebut sebagai mesin paling fokus terhadap performa di segmennya.

   
Penulis: