Rangka Motor BMW Bakal Gunakan Serat Karbon

 3382 views

Sepeda-.info – Dalam jangka waktu ke depan, tak hanya mobil mewah yang bakal menggunakan bahan serat karbon untuk pembuatan rangka. Namun, pabrikan asal itu juga berencana menggunakan serat karbon untuk membuat bagian rangka pada motor-motor produksinya.

bmw – oto.detik.com

 

 

Rencana BMW Motorroad untuk membuat rangka sepeda motor dari bahan serat karbon ini diketahui dari gambar dua frame sepeda motor yang dipatenkan. pertama menunjukkan rangka serat karbon pada superbike BMW S1000R. Motor besar ini nantinya bakal menerima beam frame atau rangka berbentuk kotak. Sementara, rangka utama menggunakan bahan metal dibalut lembaran serat karbon.

Untuk desain kedua, memperlihatkan penggunaan rangka serat karbon untuk motor dengan yang lebih terjangkau. Platform rangka menggunakan berupa pipa bulat dengan material yang juga terbuat dari serat karbon.

Dengan penggunaan bahan serat karbon pada rangka motor, bobot motor yang bersangkutan diklaim dapat berkurang hingga 40 persen dibandingkan rangka high-strength aluminium yang umum digunakan pada motor-motor konvensional. Selain itu, bahan ini juga memiliki harga yang relatif lebih terjangkau namun dengan yang tetap baik.

   
Penulis: