Perkuat TKDN, Viar Motor Gaet Pabrik Lokal Produksi Magic Ring

Bekasi Indonesia berupaya untuk meningkatkan kadar TKDN pada -produk besutannya. Salah satu langkah yang dilakukan Viar adalah dengan menggandeng sejumlah perusahaan lokal untuk membuat part ramah lingkungan dengan kandungan lokal.

Viar Cross X series – read.motorplus-online.com

 

Belum lama ini Viar Motor Indonesia bekerjasama dengan Perusahaan Pemula Berbasis , CV Sumi Inotech untuk menyuplai Magic Ring yang kelak dipakai sebagai penghemat bahan bakar dan mengurangi emisi gas beracun di kendaraan bermotor. Sebagai permulaan, part magic ring tersebut akan dipasang di motor Karya dan Cross X series.

Penandatanganan kerjasama ini dilakukan dalam Pameran Indonesia Innovation & Innovator Expo (I3E) di Mall Grand Metropolitan, Bekasi (17/11) oleh General Manager PT Triangle Motorindo (produsen Viar) Jason bersama Sumiyanto selaku Direktur CV Sumi Inotech dan disaksikan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti), Mohamad Nasir dan Direktur Jenderal Penguatan Inovasi Kementerian Ristekdikti, Dr. Jumain Appe.

CV Sumi Inotech akan menyuplai magic ring untuk PT Triangle Motorindo sekitar 1.000 pcs per bulan atau 12.000 pcs per tahun, di mana 80% dari hasil produksi CV Sumi Inotech ditujukan untuk PT Triangle Motorindo.

“Ini merupakan salah satu bentuk komitmen kami untuk mendukung perusahaan pemula berbasis teknologi dalam mengembangkan usahanya sehingga nantinya secara tak langsung kami juga berperan menciptakan lapangan pekerjaan baru. Selain itu kerjasama ini akan meningkatkan nilai TKDN dari produk-produk kami karena sesuai tagline yang kami usung, yakni Motor Indonesia,” kata Jason.

Sumiyanto juga berterimakasih atas dukungan Menristekdikti dan PT Triangle Motorindo. Sebab dengan kerjasama tersebut dapat memacu para pengusaha IKM untuk menciptakan inovasi yang bermanfaat. “Kami berharap kerjasama ini akan terus berlangsung dan bukan hanya sebatas kerjasama bisnis saja, namun juga dalam pengembangan produk kami agar ke depannya semakin berkualitas dan semakin sempurna. Ke depan harapan kami, semua motor Viar dapat menggunakan Magic Ring,” tutur Sumiyanto.

Magic Ring sendiri adalah penghemat bahan bakar berwujud cincin dengan lubang-lubang di sekelilingnya. kerjanya memanfaatkan kerja overlapping dengan menggunakan kembali sisa gas aktif lewat teknik pressure back yang dalam kondisi normal akan terbuang lewat knalpot.

   
Penulis: